Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 resmi dilaksanakan hari ini. Ribuan calon mahasiswa perguruan tinggi ini memperebutkan bangku kuliah di 74 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Sebanyak 693.185 lulusan sekolah menengah atas dan sederajat tercatat akan menjalani ujian tertulis SBMPTN hari ini. Ini berarti, satu kursi di PTN akan diperebutkan oleh sekitar 6-7 peserta.

Jumlah peserta SBMPTN mengalami peningkatan sebanyak 4,31 persen dibanding tahun 2014 yang sebanyak 664.509 peserta. Dari 90.686 pendaftar merupakan peserta Bidikmisi.

Materi ujian tertulis yang diikuti para peserta hari ini antara lain, Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi. Bidang pelajaran yang diuji yakni matematika, biologi, kimia, dan fisika.

Sementara Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora terdiri dari mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografis, dan Ekonomi.

Untuk peserta yang memilih program studi seni dan olahraga, Rabu hingga Kamis (10-11 Juni 2015) mereka wajib mengikuti ujian keterampilan.

Ujian keterampilan di bidang ilmu seni dibagi menjadi empat kelompok; seni rupa, seni tari, seni musik, dan seni drama. Sementara untuk yang memilih prodi olahraga ada dua tes yang wajib diikuti, yakni tes kesehatan dan keterampilan motorik.
SUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here