Ikut Kelompok Belajar, Enggak, Ya?
Menjelang ujian, kamu bimbang, perlu ikut kelompok belajar atau enggak ya? Pasalnya, masih banyak materi pelajaran yang belum dimengerti.

Sebenarnya, kelompok belajar adalah sebuah strategi belajar yang cukup efektif ketika kita perlu memahami berbagai konsep. Sebab, dengan belajar bersama teman-teman, kita akan terdorong untuk mendiskusikan berbagai materi yang sedang dipelajari. Penjelasan dan argumentasi dari anggota kelompok akan memperkaya pengetahuan dan pemahaman kita akan materi tersebut.

Tetapi, enggak semua orang cocok belajar dalam kelompok. Jadi, sebelum memutuskan ikut kelompok belajar, ajukan dulu pertanyaan berikut ini pada diri sendiri:

1. Apakah tujuan dari belajar kelompok sesuai denganmu?

Pertama, pertimbangkan tujuanmu dan tujuan kelompok belajar yang akan diikuti. Misalnya, apakah kelompok belajar itu bertemu secara rutin untuk membahas materi pelajaran atau hanya bertemu menjelang ujian? Bila penjelasan calon kelompok belajar tidak sejalan denganmu, kamu mungkin lebih baik belajar sendiri.

2. Bisakah kelompok itu tetap fokus?

Terganggu saat belajar tidak hanya merugikan pemahamanmu mengenai konten materi pelajaran, tetapi juga membuang waktumu. Pertimbangkan komposisi dan ukuran kelompok belajarmu. Kelompok belajar yang efektif biasanya terdiri dari tiga hingga lima orang. Semakin besar kelompok itu, biasanya para anggotanya semakin susah fokus. Selain itu, belajar bareng teman dekat bisa jadi efektif, dengan catatan tetap fokus dan bukannya sibuk ngobrol.

3. Bisakah kamu berkomitmen untuk bertemu dengan rutin?

Bergabung dalam kelompok belajar seperti bergabung dalam sebuah tim. Bisa jadi ada anggota kelompokmu yang jarang menghadiri pertemuan dan berkontribusi secara kolektif dengan pengetahuannya. Jika kamu terlalu sibuk untuk berkomitmen dalam kelompok belajar, belajar sendiri mungkin lebih fleksibel.

4. Apakah kamu siap berkontribusi di kelompok belajar tersebut?

Menjadi anggota kelompok belajar juga berarti siap berkontribusi kepada anggota lainnya. Kontribusi ini diwujudkan dengan kesiapan memberikan penjelasan dan terlibat dalam diskusi tentang materi yang sedang dibahas. Jika tidak siap, maka belajar secara mandiri bisa jadi lebih tepat untukmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here