Bebas Visa Disahkan, Pos Imigrasi Siap Diperbanyak

KEBIJAKAN bebas visa 30 negara tambahan menunggu keputusan Presiden Jokowi. Empat pelabuhan diminta membuka pos imigrasi free visa.

Menurut Menteri Kordinator (Menko) Maritim, Indroyono Soesilo, sejauh ini ada lima pintu masuk utama wisman ke Indonesia melalui bandara.

Lima pintu masuk utama wisman tersebut adalah Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Denpasar, Kualanamu Medan dan Bandara Juanda Surabaya.

“Namun, saat bersamaan kita minta empat pelabuhan tempat masuknya wisatawan, yaitu di Batam Center. Kupang, Tanjung Uban di Bintan Utara, dan Sri Bintang di Tanjung Pinang untuk bisa dibuka pos imigrasi yang free visa,” ujarnya dalam Konferensi Pers Bebas Visa di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2015).

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Indonesia, Arief Yahya menjelaskan untuk menyambut kedatangan wisman maka pemerintah Indonesia mengutamakan pintu masuk yang utama. Menurut Menpar, 90 persen wisman datang ke Indonesia melalui Bali, Batam dan Jakarta.

“80 persennya itu dari laut, sehingga kita juga minta pelabuhan di Batam dan Bintan dibuka pos imigrasi free visa. Sehingga, wisman dari Singapura tidak perlu ke bandara di Jakarta dulu, tetapi bisa melalui pelabuhan di Batam dan Bintan,” tuturnya.

Seperti kita ketahui, kini Indonesia akan menambah 30 negara untuk bebas visa. 30 negara tersebut adalah Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Meksiko, Rusia, Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, Italia, Spanyol, Swiss, Belgia, Swedia, Austria, Denmark, Norwegia, Finlandia, Polandia, Hungaria, Ceko, Qatar, UEA, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Afrika Selatan.

Sebelumnya, Indonesia telah memberikan bebas visa kepada 15 negara. Ke-15 negara tersebut adalah Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong Special Administration Region (Hong Kong SAR), Makau Special Administration Region (Makau SAR), Cile, Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Sehingga, total jumlah ada 45 negara yang akan mendapatkan bebas visa ke Indonesia. Sementara, pemberlakuan bebas visa ke Indonesia kepada 30 negara ini diharapkan terealisasi 1 April 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here