Yamaha YZR-M1 adalah sebuah inovasi motor GP pabrikan Yamaha terbaru yang akan ditunggangi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pada musim 2015. Motor baru tersebut diharapkan dapat mengakhiri dominasi Marquez yang tampil garang di Moto GP musim lalu.
Peluncuran motor baru Yamaha tersebut dilakukan di Madrid pada Rabu (28/1/2015) kemarin waktu setempat. Dibanding edisi tahun sebelumnya, tampilan YZR-M1 untuk tahun 2015 punya beberapa perbedaan dengan yang paling mencolok adalah ruang lebih besar untuk sponsor mereka, Movistar.

Motor baru ini diharapkan akan bisa mengantar Lorenzo serta Rossi bersaing dengan Honda di musim yang akan dimulai pada akhir Maret mendatang. Musim lalu Yamaha kalah jauh dari pesaing utamanya itu setelah Marquez meraih 10 kemenangan beruntun di awal musim. Namun di seri-seri akhir Yamaha mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan dan sukses menipiskan jarak.

“Anda harus belajar dari kesalahan dan terus berkembang serta terlibat di dalamnya. Semuanya harus dalam keadaan yang benar. Semuanya harus sempurna sejak balapan pertama,” ungkap bos tim Yamaha, Lin Jarvis.

“Itu hal yang sulit untuk dilakukan, tapi saya pikir pebalap-pebalap kami punya persiapan yang bagus dan tim kami terorganisir dengan baik. Kami siap. Saya pikir Valentino dan Jorge dalam kondisi fisik dan mental yang hebat,” lanjut dia di Autosport.

Sementara itu pemimpin tim pengembangan Yamaha, Kouichi Tsuji, meyakini kalau jarak Yamaha dengan Honda sebenarnya sangat dekat. Hasil di atas lintasan disebutnya bukan merupakan gambaran sebenarnya perbendaan antara kedua tim.

“Kami 10 kali berada di podium kedua, dan dalam delapan kesempatan perbedaan dengan si pemenang (Honda) cuma dua detik setelah menempuh jarak 120km. Ruang pengembangan untuk motor sangat kecil, tapi kami melakukan banyak hal untuk menemukan (selisih) dua detik itu karena kami ingin gelar juara di akhir musim,” timpal Tsuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here