Ini Rapor Pemerintahan Joko Widodo

Presiden Indonesia yang ke-7, Joko Widodo, sudah menjalankan sistem pemerintahannya. Memang dalam masa pemerintahannya saat ini, pria nomor satu di Indonesia tersebut cukup memberikan banyak hal untuk Indonesia.

Lembaga riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan, Presiden Joko Widodo mendapat tiga rapor merah dan dua rapor biru dalam lima bidang kinerja pemerintahan. Penilaian itu berdasarkan tanggapan publik dalam 100 hari pemerintahan Jokowi.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, kinerja Jokowi disebut rapor merah karena publik menilai kinerja pemerintahannya negatif. Hal itu ditandai dengan kepuasan dibawah 50 persen. Kemudian rapor biru karena masih ada optimisme publik terhadap pemerintahan Jokowi atau kepuasan diatas 50 persen.

“Tiga bidang yang memperoleh rapor merah yaitu bidang ekonomi, politik, dan hukum. Dari ketiga bidang tersebut, kepuasan publik paling rendah di bidang hukum,” kata Adjie saat memaparkan hasil survei 100 hari pemerintahan Jokowi di kantornya, Kamis (29/1).

Dia membeberkan, hanya sebesar 40,11 persen publik yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi di bidang hukum. Sedangkan mayoritas sebesar 53,11 persen publik menyatakan kecewa atau tidak puas dengan kinerjanya.

Salah satu sebab rendahnya kepuasan di bidang hukum karena Jokowi dinilai tidak tegas bersikap terkait pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi juga terkesan kurang maksimal berbuat untuk menghindari kriminalisasi atau pelemahan KPK saat ini.

KPK sendiri sudah dipercaya publik sebagai institusi yang independen dan adil. Berbeda dengan Polri yang tingkat kepercayaannya rendah. Tidak heran, publik cenderung mendukung KPK dan ingin Kapolri yang dilantik adalah orang yang bersih dari masalah hukum.

“Jokowi seperti kurang mewujudkan komitmennya dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Apalagi, KPK sangat dipercaya publik,” ujarnya.

Sementara, Jokowi mendapat rapor biru di bidang sosial dan keamanan. “Sedangkan rapor biru pemerintahan Jokowi adalah di bidang sosial dan keamanan,” katanya.

Di bidang sosial, publik yang puas dengan kineja Jokowi di bidang sosial sebesar 53,86 persen untuk aneka program kartu sehat dan pintar. Di bidang keamanan, mereka yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi sebesar 57,40 persen. Ini karena tidak ada isu besar keamanan yang terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here