Ingin Membeli Alat Deteksi Emas? Simak Tips Berikut!

Berburu emas menjadi salah satu hal yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Harga emas yang kian hari kian tinggi tentu saja membuat pemburu emas semakin semangat untuk mencari logam mulia ini. Agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia, sebaiknya gunakan alat deteksi emas saat mencari emas. Detektor emas bisa menerima sinyal keberadaan emas sehingga proses pencarian lebih cepat, tepat, dan efektif.

Saat ini cukup banyak detektor emas yang bisa Anda temukan di pasaran, mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang mahal. Agar tidak bingung membeli, berikut tips memilihnya:

Ketahui Kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah untuk apa Anda membeli detektor emas. Pasalnya tidak semua orang membelinya untuk hal profesional. Ada juga yang membeli detektor emas sebagai bentuk dari hobi. Misalnya ketika berlibur ke pantai atau tempat lain sambil mencari emas, mendeteksi keaslian perhiasan emas, dan lain sebagainya.

Jika hanya untuk hobi, sebaiknya pilih produk yang berada di level bawah saja. Harganya tidak terlalu mahal namun sudah bisa bekerja secara efektif untuk menemukan emas. Tapi jika Anda ingin menambang emas secara profesional, pilihan terbaik adalah produk level atas. 

Teliti Lokasi Berburu Emas

Mengetahui lokasi berburu juga menjadi salah satu faktor penting dalam memilih detektor emas. Pasalnya setiap detektor emas memiliki kemampuan masing-masing. Ada yang lebih bagus di area yang dalam, ada yang bagus di lokasi penuh sampah besi, dan lain sebagainya. 

Cari Tahu Kemampuan Alat

Ketahui kemampuan alat agar mendapatkan alat yang berkualitas. Alat yang bagus memiliki sensitivitas tinggi dan jangkauan yang dalam. Selain itu sebaiknya Anda juga mencari alat yang tahan air atau waterproof. Pasalnya emas juga bisa ditemukan di dalam air.

Pastikan Garansinya

Tips membeli detektor yang terakhir yaitu memastikan garansi yang ditawarkan oleh toko. Pastikan membeli di toko official brand yang Anda pilih. Biasanya toko resmi akan menawarkan garansi untuk setiap produk yang dijual. Apalagi detektor emas termasuk alat yang mahal, jadi harus ada garansinya.

Rekomendasi Detektor Emas dari Minelab

Minelab termasuk brand populer yang dikenal menjual alat-alat yang mampu mendeteksi keberadaan emas. Salah satu alat yang direkomendasikan untuk profesional maupun pemula adalah SDC 2300. Alat ini berada di kelas mid-range, jadi tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Beberapa kelebihan produk ini yaitu:

  • Mampu mengejar nugget sub-gram dengan baik

Meskipun berada di kelas tengah, namun SDC 2300 memiliki kemampuan yang sangat baik. Salah satu kemampuannya yaitu mampu mengejar nugget sub-gram di air maupun darat yang biasanya sulit ditangkap. 

  • Tahan air

Kelebihan selanjutnya yaitu kemampuan waterproof atau tahan air yang dimiliki. Alat ini mampu digunakan untuk mendeteksi dasar sungai atau garis pantai hingga kedalaman 3 meter. Sangat cocok untuk Anda yang suka mencari emas di sungai atau pantai.

  • Harga terjangkau

Harga tetap menjadi hal yang patut dipertimbangkan saat membeli detektor emas. Tenang saja, tidak semua detektor memiliki harga yang mahal. Karena berada di kelas menengah, harga SDC 2300 masih cukup bersahabat. Harganya yaitu di angka Rp 67 jutaan.

Itulah pembahasan mengenai alat deteksi emas dan rekomendasi produknya. Jika tertarik dengan SDC 2300, Anda bisa membelinya di website resmi Minelab yaitu www.minelab.co.id. Selain tipe tersebut, ada juga tipe yang lebih rendah ataupun lebih tinggi. Langsung saja kunjungi website-nya untuk mengetahui detail produk yang ditawarkan.