jadwal buka puasa
jadwal buka puasa

Bulan ramadhan adalah bulan mulia untuk umat islam. Berpuasa sebulan lamanya menjadi syarat wajib untuk mendapatkan kemuliaan tersebut. Bagi umat islam yang berpuasa, ada 2 kebahagiaan yang akan diraihnya, pertama pada saat jadwal buka puasa telah tiba dan kedua saat berjumpa dengan dzat Allah SWT karena puasanya.

Penting, Memilih Asupan Makanan Sehat Saat Buka Puasa

Puasa selama 12 jam lebih, membuat kita ingin menyantap semua makanan ketika berbuka. Bahkan, bisa jadi tidak menghiraukan mana makanan yang sehat dan mana makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Justru saat puasa, seharusnya kita lebih selektif dalam memilih jenis makanan. Kondisi tubuh yang tidak mendapatkan asupan makanan di siang hari, tentunya sangat membutuhkan asupan makanan sehat saat berbuka. Itulah sebabnya kita harus pandai memilih jenis makanan untuk buka puasa, karena dampaknya cukup serius pada kesehatan tubuh.

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Makanan apa saja yang harus dihindari dalam menemani jadwal buka puasa setiap hari di bulan Ramadhan?

jadwal buka puasa
jadwal buka puasa

1. Gorengan

Mungkin lidah orang Indonesia umumnya suka dengan makanan jenis gorengan. Namun, saat di bulan Ramadhan sebaiknya dikurangi dan dihindari, karena di dalam gorengan tersebut terdapat minyak berlebih/lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan. Apalagi saat berpuasa dan dikonsumsi untuk hidangan berbuka puasa, bisa jadi akan mengganggu sistem pencernaan kita. Hal itu akan mengganggu kenyamanan tubuh menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Anda tidak ingin seperti itu, bukan?

2. Kopi

Untuk pecinta kopi, ada baiknya tidak membiasakan minum kopi di saat berbuka puasa. Mengapa? Karena lambung akan sok dan bisa jadi mengganggu sistem pencernaan. Sebaiknya saat berbuka puasa, kita lebih mengutamakan cairan dengan minum air putih atau jus buah-buahan. Setelah adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh, baru kita bisa minum kopi. Karena pada saat itu, kadar gula darah sudah kembali normal.

3. Makanan Pedas

Tidak selamanya makanan pedas itu tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, vitamin dan mineral yang terdapat pada cabai cukup baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, selama berpuasa di bulan Ramadhan, sebaiknya kita mengurangi makanan pedas, karena dapat mengganggu sistem pencernaan yang mengakibatkan diare.

4. Makanan dan Minuman dengan Pemanis Buatan

Pemanis buatan untuk makanan dan minuman sangat identik dengan rasanya yang terlalu manis, bahkan tidak baik untuk kesehatan. Meskipun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang rasanya manis saat berbuka puasa, namun tidak semestinya dengan takaran yang terlalu manis.Jenis makanan manis yang baik untuk berbuka puasa, yaitu jenis buah-buahan dan kurma.

5. Makanan Terlalu Asin

Sebaiknya kita tidak membiasakan menu makanan yang rasanya terlalu asin saat berbuka puasa, karena tidak baik untuk kesehatan dan membuat kita merasa haus selama berpuasa di siang hari.Jika tubuh kekurangan cairan/dehidrasi, maka akan timbul gejala lemas, lelah, tidak semangat, dan lain sebagainya. Sehingga, membuat puasa kita menjadi terganggu dengan kondisi tubuh seperti itu.

Dengan mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari saat menemani jadwal buka puasa, kita bisa lebih nyaman dengan kondisi tubuh yang sehat. Menjalankan puasa semakin nyaman dan lancar serta tubuh pun akan tetap sehat.

Semoga ulasan kami ini bermanfaat.

Selamat berpuasa dan raih kemulian di bulan penuh berkah ini dengan kondisi tubuh yang sehat.