Cara Tepat Mempersiapkan Perlengkapan Lamaran Pernikahan

Ada banyak jenis barang-barang seserahan atau yang disebut perlengkapan lamaran pernikahan yang harus Anda siapkan di awal. Barang-barang ini memiliki peran yang sangat penting sekali karena menjadi suatu keharusan yang diberikan oleh calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita.

Mempersiapkan perlengkapan atau seserahan lamaran bisa dikatakan susah-susah gampang. Untuk membantu memudahkan Anda saat mempersiapkannya, berikut kami sudah merangkum cara-caranya.

1.  Buat Daftar Barang Bersama Pasangan

Agar tidak salah memilih barang yang tepat, sebaiknya Anda buat daftar barang-barang yang akan Anda beli bersama pasangan. Cantumkan apa saja jenis-jenis barang yang akan Anda siapkan untuk seserahan.

Membuat daftar barang-barang bersama pasangan akan membantu Anda untuk memudahkan memilih jenis barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Selain itu, jika Anda menyusun list bersama, maka Anda akan tahu mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak.

Perlengkapan Lamaran Pernikahan

2.  Buat Daftar yang Paling Utama Terlebih Dahulu

Buatlah list barang-barang yang paling utama dan diperlukan terlebih dahulu. Beberapa barang yang harus diutamakan seperti set perhiasan atau mas kawin, pakaian (baik luar maupun pakaian dalam), perlengkapan ibadah, sepatu, dan tas.

Selebihnya Anda bisa memasukkan beberapa list sebagai pelengkap. Adapun pelengkap biasanya seperti kosmetik, skincare dan beberapa barang lain yang biasanya digunakan oleh perempuan.  

3.  Survei Harga Untuk Masing-Masing Barang

Langkah selanjutnya, silahkan Anda survey harga untuk masing-masing barang yang akan Anda beli. Meskipun tidak akurat 100%, yang penting Anda survei terlebih dahulu untuk menghitung estimasi biaya yang nantinya harus Anda keluarkan.

Dengan menghitungkan semua perlengkapan dan juga harganya, maka Anda bisa mendapatkan estimasi biaya agar perencanaan finansial menjadi lebih optimal. Survei bisa Anda lakukan langsung ke lapangan atau cek harganya secara online.

4.  Lakukan Budgeting dengan Tepat

Budgeting yang kami maksud disini yaitu penghitungan budget yang akan Anda keluarkan. Maka dari itu, pertama-tama lakukanlah survei terlebih dahulu agar Anda bisa melakukan budgeting sesuai dengan data harga yang sudah Anda dapatkan.

Hitung secara tepat kebutuhan biaya yang akan Anda keluarkan. Pastikan mengutamakan barang-barang atau perlengkapan yang diutamakan terlebih dahulu. Contohnya mengutamakan perhiasan yang merupakan bagian dari mas kawin.

Setelah budgeting dilakukan pada hal-hal yang paling utama, selanjutnya buatlah budgeting untuk hal-hal yang bersifat sebagai pelengkap.

5.  Siapkan Box Untuk Seserahan

Selanjutnya Anda juga harus mempersiapkan box yang nantinya digunakan untuk meletakkan semua barang-barang seserahan. Box bisa Anda buat sendiri atau Anda beli sendiri. Pilihlah desain box yang menarik, terutama tempat untuk menyimpan perhiasan sebagai mas kawin.

Untuk box, Anda juga bisa menyewanya di tempat-tempat tertentu khususnya tempat yang menyediakan perlengkapan atau peralatan untuk pernikahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya.

6.  Utamakan Barang yang Diperlukan

Pastikan semua barang yang sudah Anda buat ke dalam list adalah barang-barang yang benar-benar diperlukan dan selalu digunakan oleh pasangan Anda. tujuannya agar barang tersebut bisa dimanfaatkan di kemudian hari.

Maka dari itu, pertimbangkanlah baik-baik barang yang akan Anda beli agar semua barang bisa dimanfaatkan secara optimal.

Kesimpulan

Menyusun daftar barang-barang yang akan digunakan untuk perlengkapan lamaran merupakan salah satu persiapan yang penting. Pertimbangan dalam menentukan barang apa saja yang diperlukan dan juga budgeting sangat penting untuk diperhatikan.

Demikian penjelasan seputar tips penting seputar cara mengoptimalkan persiapan perlengkapan lamaran pernikahan. Untuk yang sedang mencari set perhiasan sebagai perlengkapan lamaran, Anda bisa percayakan hanya di The Palace.