Siapa yang tidak kenal dengan kepopuleran perusahaan venture capital ini? Ya, venture capital sendiri merupakan sebuah perusahaan yang akan memberikan pendanaan terhadap para pemilik startup yang akan mengembangkan bisnis mereka agar lebih maju. Nah, dana yang didapatkan dari venture capital itu berasal dari limited partners atau LP yang merupakan orang-orang super kaya.

5 tipe investasi ventura capital

Di dalam ventura capital ternyata terdapat beberapa jenis investasi yang diberikan oleh para pemilik perusahaan startup. Yang wajib anda ketahui adalah untuk mendapatkan pendanaan dari ventura capital ini tidaklah mudah. Bahkan bagi anda yang memiliki kinerja tim yang kurang bagus, jangan harapkan untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital. Dibawah ini 5 tipe investasi oleh ventura capital.

  1. Seed capital

Seed capital ini sendiri merupakan tahap awal dan investasi yang akan diterima oleh startup dimana masih berada pada tahap validasi produk. Biasanya venture capital akan memberikan investasi guna untuk membantu pemilik startup untuk mengembangkan produk, biaya operasional hingga melakukan riset pasar.

  • Startup capital

Jenis investasi yang satu ini juga dikenal dengan ilater seed stage, Dan merupakan tahap bagi para pemilik startup dimana sudah mempunyai produk dan setidaknya telah memiliki pendapatan. Ventura capital akan memberikan investasi pada startup dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Biasanya investasi yang dilakukan tersebut guna untuk merekrut lebih banyak anggota tim, memaksimalkan produk dan melakukan riset pasar tambahan.

  • Early stage capital

Jenis investasi yang diberikan kepada para pemilik startup yang satu ini biasanya akan diberikan kepada startup yang telah memiliki umur kurang lebih 3 tahun. Yang mana jenis startup yang satu ini sudah mempunyai kantor, manajemen tim yang baik hingga memiliki penjualan yang terus mengalami peningkatan.

Sehingga tujuan dari pemberian investasi ini adalah untuk membuat penjualan hingga ke puncak, meningkatkan efesiensi dalam perusahaan hingga mampu membuat produktivitas semakin meningkat.

  • Expansion capital

Expansion xapital ini sendiri akan diberikan apabila sebuah perusahaan startup sudah memiliki kondisi yang cukup stabil dan membutuhkan bantuan dari venture capital untu menuju ke tahap pertumbuhan yang selanjutnya. Jenis investasi yang dilakukan pada tahapan kali ini biasanya akan digunakan untuk pemasaran

  • Late stage capital

Tipe investasi yang terakhir oleh ventura capital adalah late stage capital. Tahap ini biasanya akan diberikan apabila sebuah perusahaan startup sudah mencapai tahap penjualan dan pendapatan yang mengesankan. Investasi yang dilakukan oleh VC kepada startup ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemasaran, kapasitas hingga adanya peningkatan gaji karyawan.

Ketentuan mendapatkan pendanaan dari venture capital

Adapun beberapa ketentuan yang bisa digunakan oleh venture capital untuk memberikan pendanaan kepada para pemilik perusahaan startup. Ketentuan yang pertama adalah sebuah perusahaan startup harus memiliki pasar yang luas dimana keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Jenis usaha dengan pasar yang luas ini akan memudahkan anda dalam mendapatkan pendanaan.

Selain itu, perusahaan tersebut juga memiliki pelanggan yang loyal dan bisa membeli produk perusahaan startup dengan cepat dan juga banyak mengulangi pemesanan barang. Perusahaan startup juga harus mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan layanan yang memuaskan. Ada baiknya sebuah perusahaan startup harus focus terhadap satu produk dulu. Demikian informasi penting mengenai tipe investasi yang dilakukan oleh VC Indonesia. Mendapatkan pendanaan untuk kepentingan mengembangkan bisnis startup memang cukup penting, anda bisa mengandalkan convergencevc.com untuk mendapatkan pendanaan