Sejarah Singkat Merek Smartphone Terkenal Di era 90-an

BlackBerry

Sumber : Shopee.co.id

Kisah sukses blackberry dilansir dari sebuah perusahaan yang bernama lengkap Research In Motion Ltd, bermula dari kemauan seorang mahasiswa yang kena drop out (DO) dari kampusnya, pemuda tersebut adalah Mike Lazardis, ia merupakan seorang berkebangsaan Yunani yang bermigrasi dari Turki kemudian ke Kanada pada tahun 1967. Saat ia menginjak usianya yang ke 23 pemuda bernama Mike ini mendapat sebuah kenyataan pahit karena di drop out dari Universitas Waterloo, tempat dia belajar dalam jurusan teknik elektro.

Untuk membuktikan dirinya sendiri kepada banyak orang bahwa ia pun bisa sukses, Mike Meminjam modal usaha kepada keluarga dan juga temannya. Lalu setelah modal yang dirasa sudah cukup Mike dengan dua temannya mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Research In Motion Ltd di Waterloo, Ontario, Kanada pada tahun 1984. Kontrak kerja yang didapat RIM berawal dari General Motor Kanada yang bekerja sama untuk mengerjakan otomasi industri dan dapat bertahan di tahun pertama dengan cara berpindah – pindah kontrak . Saat itu RIM berhasil memperoleh penghasilan sebesar $1 juta  dan telah memiliki 12 orang karyawan.

Ketika menerima kontrak kerja dari Roger Cantel Mobile Communications, disitulah ketertarikan RIM di dunia perangkat digital nirkabel dimulai. Roger Cantel Mobile Communications merupakan perusahaan yang bergerak di bidang operator pager dan juga telepon seluler di tahun 1987. Dalam hubungan kontrak dengan Roger, RIM bertugas untuk mencari tahu sebuah potensi dari sistem jaringan digital nirkabel baru yang disebut dengan nama Ericsson. Setelah itu RIM telah berhasil menciptakan sebuah modem radio nirkabel yang memiliki ukuran mini. Kemudian Pada tahun 1990, modem ciptaan RIM telah banyak digunakan oleh perusahaan OEM yang digunakan untuk keperluan berbagai produk dari komputer hingga mesin penjual otomatis.

Lalu pada tahun 1991 RIM berhasil mengembangkan sebuah software, yang dimana sofware tersebut berfungsi mendukung sistem e-mail nirkabel. Dengan perkembangan software tersebut, RIM berhasil melakukan kerjasama dengan dua perusahaan besar seperti Anterior Technologi dan juga Ericsson.

Saat itu mereka mempunyai misi masing-masing, untuk Ericsson bertugas mengenalkan sebuah  modem radio portable pada tahun 1992, sedangkan Anterior Technologi bertugas sebagai penyedia gateway untuk sebuah sistem e-mail. Kemudian RIM sendiri bertugas untuk menyediakan sebuah aplikasi pemrograman yang dikembangkan dari software tersebut.

Kerjasama yang dilakukan ketiga pihak itu akhirnya berhasil menciptakan sebuah sistem e-mail nirkabel dengan konektivitas yang tak terputus. Sebab dirinya lebih mahir dalam mengurusi riset dan teknologi dibandingkan dengan keuangan, akhirnya Mike menunjuk temannya yaitu, James Balsillie untuk mengurus pengembangan bisnis dan sistem keuangan di tahun 1992. Sehingga akhirnya James Balsillie menjadi direktur Research In Motion Ltd dengan kedudukannya yang sama dengan Mike. Dengan kemampuan dan kualitas kerjanya, sampai saat ini  Research In Motion Ltd telah dipercaya untuk melakukan hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan  besar seperti, Bell South Wireless Data, IBM, Microsoft  dan perusahaan besar lainnya.

Selain itu pada tahun 1999 RIM menciptakan ponsel pertamanya yaitu BlackBerry. Handphone BlackBerry waktu itu terus berkembang sangat pesat pada perangkatnya yang makin canggih.

Samsung

Sumber : samsung.com

Byung-Chull adalah seorang pendiri Samsung pada tahun 1938. Dahulu Byung-Chull merupakan seorang penjual sayuran, buah dan ikan ke dataran China.

Nama Samsung diambil dari kata Korea dalam bahasa Indonesia yang berarti “bintang tiga”.Samsung awalnya bukan merupakan perusahaan yang membuat produk elektronik, namun Samsung merupakan Perusahaan bersama yang bergerak di bidang sembako.

Pada tahun 1938 Samsung Mobile Phone telah menjadi perusahaan Elektronik. Selama hampir 70 tahun, perusahaan Samsung yang berasal dari Korea Selatan ini berhasil menjual barang elektronik produksinya. Tahun 1993 Samsung telah menciptakan ponsel dengan tipe SH-700, dengan desain yang lebih ramping dan kecil dengan kualitas yang bagus.

Pada waktu itu di Korea, Samsung Bersaing ketat dengan Motorola dan telah berhasil merebut separuh bagian dari keseluruhan permintaan pasar ponsel dari Motorola. Pada saat terjadi krisis bisnis di Korea tahun 1997, banyak bisnis yang menyusut di korea bahkan termasuk Samsung. Untuk menutupi kerugian dan meringankan hutang yang dialami Samsung, ia menjual separuh bisnisnya dan mengurangi karyawan menjadi 50 ribu.

Namun dengan bisnisnya di bidang elektronik, smartphone Samsung bisa bertahan hingga sekarang. Setelah beberapa tahun kemudian di tahun 2008, Samsung Mobile mengenalkan lebih dari 50 juta ponsel ke pasar global. Kemudian Samsung mulai menciptakan ponsel yang dilengkapi dengan kamera dan telah mencetak sejarah di bidang perindustrian ponsel dengan terus berkembang hingga sekarang.