payment​ ​gateway​ Indonesia
payment​ ​gateway​ Indonesia

Sudah tahukah Anda, ada media transaksi dari aplikasi e-commerce yang bisa memberi otorisasi kartu kredit maupun pembayaran online lain saat beraktivitas bisnis online, yaitu payment​ ​gateway​ Indonesia?

Payment gateway memberikan kemudahan bagi pebisnis sekaligus kliennya dalam bertransaksi. Jika kita pernah mendengar istilah PayPal, model transaksi mobile untuk memudahkan para pengguna melakukan transaksi melalui handphone pribadi mereka. Kita cukup mempunyai akun dan mengisi nominal uang dari ponsel tanpa harus menghabiskan waktu.

payment​ ​gateway​ Indonesia
payment​ ​gateway​ Indonesia

Cara kerja payment​ ​gateway​ Indonesia dimulai dari seorang pembeli telah memutuskan berbelanja online di situs tertentu. Informasi transaksi akan disampaikan pada payment gateway kemudian diteruskan ke proses pembayaran bank. Prosesor pembayaran (payment prosesor) kemudian diteruskan ke asosiasi kartu kredit yang bersangkutan. Apabila pembeli menggunakan pembayaran Discover Card atau American Express, payment prosesor bertindak sebagai pihak yang menyetujui payment gateway tersebut.

Kelebihan dari menggunakan payment​ ​gateway​ ​Indonesia antara lain toko online akan lebih dipercaya oleh pelanggan. Ya, sebab untuk memiliki akun dan mengaktifkan payment gateway, akan ada beberapa syarat khusus dari penyedia payment gateaway.

Selain itu, karena semua transaksi dilakukan secara online, pemilik toko bisa memantau secara berkala traffic toko online-nya. Data yang tersedia pun sangat akurat dan dapat dikelola setiap hari atau setiap bulan. Pemilik toko pun dapat mengetahui pembayaran apa yang sering digunakan oleh para pembelinya.

Selain beberapa kemudahan tersebut, model pembayaran seperti ini juga masih ada sedikit kekurangan. Semisal, agar payment gateway dapat aktif, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pemilik toko online termasuk memastikan apakah hosting website dari toko online tersebut cukup kuat saat diakses. Meskipun kita dapat melihat data transfer setiap saat, kita tidak dapat mengetahui neraca rekening seperti online banking.