Tips Cara Menguasai Desain Grafis

Kursus desain grafis – Secara singkat desain grafis adalah sebuah proses membentuk komunikasi yang dituangkan ke dalam bentuk visual seperti gambar, tulisan, atau ilustrasi. Untuk menguasai desain grafis, mungkin mengikuti kursus desain grafis dapat menjadi pilihan yang dapat membantu. Bagi anda yang tertarik memperdalam dunia desain grafis, anda dapat mengikuti kursus desain grafis di International Design School (IDS).

kursus desain grafis
kursus desain grafis

Selain itu, terdapat beberapa tips untuk mempermudah anda belajar saat mengikuti kursus sebagai berikut.

1. Mengumpulkan dan fokuskan niat dalam belajar desain grafis.

Jika anda ingin menguasai desain grafis, anda haruslah siap belajar terus menerus untuk memperdalam desain grafis ini. Kumpulkan niat anda dan yakinkan jika dunia desain adalah dunia yang benar-benar anda ingin dalami. Setelah itu, fokuskan perhatian anda untuk mempelajari desain grafis itu sendiri.

2. Pelajari Secara Bertahap.

Ketika belajar desain grafis hendaknya dilakukan secara bertahap, mulailah dari teknik dan ilmu dasar setelah menguasai satu teknik barulah berlanjut ke teknik berikutnya, jangan terburu-buru untuk mempelajari teknik-teknik yang sulit.

3. Pelajari dan Ingat Fungsi dan Caranya, Bukan Langkah-Langkahnya.

Jika anda sedang belajar desain grafis, hal yang penting yang sering terlupakan ketika belajar adalah hanya memperhatikan langkah-langkah yang dipaparkan dalam tutorial tanpa memperhatikan apa saja yang digunakan, bagaimana cara menggunakannya, dan apa fungsinya.

Hal ini tidaklah salah, tetapi akan lebih baik apabila jika dalam belajar desain dengan media digital memperhatikan alat yang dipergunakan dan juga fungsi dari alat itu sendiri, karena jika mengetahui fungsi dan cara penggunaannya mungkin akan menemukanlangkah-langkah yang lebih singkat dan efektif dengan cara kita sendiri.

4. Jangan Terpaku pada Tutorial, Ciptakan Sesuatu yang Baru.

Selain dengan materi dan tutorial yang diberikan tenaga pengajar di tempat kursus, anda dapat mencari referensi desain dari setiap teknik yang dipelajari, lalu praktikkan dan buat sesuatu yang baru dari ide kreatif anda, biasanya sesuatu itu akan mudah terlupakan jika kita hanya mempelajari dan mempraktikan 1 kali sesuai dengan arahan dari kursus tanpa kita mencobanya lagi. Agar hal ini tidak terjadi, maka cobalah praktikkan sekali lagi dan buatlah sesuatu yang baru tanpa melihat tutorial dari tempat kursus.