Sebagian besar dari kita mungkin sangat familiar dengan istilah paket data. Semua orang, laki – laki maupun perempuan, dari anak kecil hingga orang tua sepertinya sudah cukup mengenal istilah paket data.

Ya, seiring perkembangan teknologi gadget dewasa ini yang mana gadget terutama HP sekarang sudah bisa dijadikan sebagai alat selain computer yang bisa terhubung dengan layanan jaringan internet.

paket dataSemakin maraknya ponsel pintar berbasis android yang mana terbukti sangat digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, dan kemudian ketika kita menggunakan gadget android tersebut untu bisa terhubung dengan internet harus menggunakan paket data, maka dengan sendirinya istilah paket data tersebut sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia pada khususnya.

Ketika kita ingin terhubung dengan saudara atau teman kita melalui sambungan telepon, maka kita biasanya membeli pulsa. Sedangkan jika kita ingin terhubung dengan siapapun melaui jaringan internet, maka paket data lah yang kita harus beli.

Paket data atau bisa kita sebut paket jaringan adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan diatas jaringan atau melalui komunikasi digital. Paket data berisi packet header yang berisi informasi mengenai protokol tersebut, data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan paket trailer yang bersifat opsial.

Sebuah paket memiliki struktur logis yang dibentuk oleh protokol yang digunakanya. Ukuran setiap paket data juga dapat bervariasi, tergantung struktur yang dibentuk oleh arsitektur jaringan yang digunakan. Paket jaringan juga dapat disebut datagram, frame, atau cell.

Sebetulnya, kita juga bisa menggunakan pulsa biasa untuk bisa terhubung dengan jaringan internet. Namun, kelemahannya adalah bahwa harga per mb-nya yang harus kita bayar sangat besar, sehingga pulsa kita akan cepat habis.

Akan tetapi, jika kita menggunakan paket data, maka kita akan bisa melakukan penghematan. Kita bisa tetap terhubung dengan internet, namun juga kita tidak akan terlalu banyak mengeluarkan biaya, karena dengan paket data yang kita beli, harga yang harus kita bayar setiap megabite-nya relative murah.

Berbagai perusahaan penyedia layanan internet atau sering disebut sebagai operator jaringan seluler, menetapkan kebijakan menjual paket internet ini agar pelanggannya tidak terlalu mengalami kerugian dalam jumlah yang cukup besar.

Salah satu operator jaringan internet yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat adalah Smartfren. Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan penyedia layanan jaringan seluler baik jaringan telpon maupun internet berbasis jaringan CDMA.

Sama seperti perusahaan lainnya, Smartfren juga menyediakan paket data yang saat ini anda bisa membelinya di gerai – gerai atau outlet pulsa yang berada di kota anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here