menu diet sehat
menu diet sehat

Bagi sebagian besar orang yang sedang melakukan diet melakukan sarapan pagi biasanya suka dihindari karena takut akan mudah menjadi gemuk. Padahal dengan sarapan dapat membuat metabolisme tubuh dapat bekerja lebih baik lagi sehingga sangat penting untuk melakukannya. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan sarapan yang baik tentunya harus pula diatur dengan baik dalam memilih menu diet sehat saat anda sarapan, yang bisa membuat tubuh tetap sehat dan berat badan yang berkurang.

Menu diet sehat yang dapat dipilih saat anda sarapan bisa diperoleh dari berbagai makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari namun ada pengaturan dalam nutrisinya. Dan berikut ini adalah beberapa menu diet sehat untuk sarapan saat anda melakukan diet.

  1. Memperhatikan akan asupan kalori. Kalori yang diperlukan saat sarapan kurang lebih sekitar 300 sampai 400 saja, dan jika akan berdiet sebaiknya dikurangi sekitar 300 sampai 350 saja, sengan hal tersebut maka berat badan ideal bisa didapatkan. Dan untuk sumber kalori yang bisa didapatkan yaitu dari beras merah, sereal, telur, oat dan juga buah pisang.
  2. Perhatikan asupan karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat sanagt penting bagi tubuh sebagai sumber tenaga, akan tetapi konsumsinya jangan terlalu banyak karena jika tidak terpakai dapat menjadi tumpukan lemak ditubuh. Apalagi jika ditambah dengan konsumsi makanan manis seperti gula, pasta, atau yang lainnya. Untuk hal tersebut anda bisa memperhatikan akan asupan karbohidrat yang masuk dengan menu yang sehat seperti beras merah, berbagai biji-bijian, buah-buahan, dan juga sayuran.
  3. Perhatikan asupan protein. Adanya protein saat sarapan sangat penting untuk menjaga agar dapat kenyang lebih lama. Kandungan protein yang baik bisa anda dapatkan dalam menu sarapan seperti telur, susu rendah lemak, susu kedelai, kacang-kacangan, ikan dalan yang lainnya.
  4. Perhatikan asupan lemak. Walaupun sedang berdiet asupan lemak yang baik dan cukup tetap dibutuhkan oleh tubuh, kebutuhan ini sekitar 10 hingga 15 gram. Akan tetapi dalam konsumsinya harus diperhatikan diperoleh dari makanan yang sehat seperti minyak zaitun, mentega, biji-bijian, ikan dan buah alpukat. Hindari konsumsi seperti keju dan daging berlemak.