Tips Sukses dari Gelandang Persib
Dedi Kusnandar, mantan kapten Tim Nasional U-23 yang kini berkostum Persib Bandung, ternyata mengawali karier sepak bola setelah mengikuti ajang Danone Nations Cup (DNC). Mantan pemain Persebaya Surabaya ini merupakan jebolan DNC angkatan pertama yang diadakan pada tahun 2003 silam.

Dedi menuturkan, pengalaman dirinya mengikuti DNC sangat berpengaruh pada kariernya sebagai pesepakbola profesional.

“Saya mengikuti kompetisi ini karena ingin keluar negeri dan berprestasi. Banyak pengalaman yang didapat dari DNC. Bertemu orang-orang dan cita-cita jadi pesepakbola (tercapai),” katanya kepada liputan6.com, Senin (6/4/2015).

Meniti karier sebagai pemain sepak bola tidaklah mudah. Banyak faktor yang mempengaruhi baik dalam lapangan maupun di luar lapangan.

“Untuk anak-anak harus disiplin. Di sini (DNC) kita diajarkan seperti disiplin makan tepat waktu, jam tidur. Itu tanpa disadari terasa sampai sekarang,” ucapnya.

Selain itu, Dedi menegaskan mental pantang menyerah harus dipupuk oleh anak-anak sejak dini karena hal itu merupakan faktor utama. Menurutnya, kemampuan bisa ditunjang dengan mental yang baik.

“Jangan pantang menyerah meski kalah. Terus latihan dan nanti akan ada hasilnya. Pasti ada kegagalan, namun kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda. Cuma harus berusaha dan berusaha,” tutup Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here