Berita Terbaru: Cara Mengurus SKCK

Persiapan menjadi ibu melahirkan ternyata tidak hanya sekedar belanja perlengkapan bayi yang super imut dan menyenangkan buat dilakukan maupun persiapan mental untuk melahirkan. Tapi ternyata ada lagi persiapan yang justru ribet dan perlu disiapkan dari sekarang. Apakah itu? Persiapan membuat akta kelahiran buat adik janin. Begitu janin lahir, dia butuh pengakuan secara resmi yang dibuktikan dengan adanya surat kelahiran atau akte.

Proses tersebut nyaris terlewatkan. Di kehamilan usia tujuh bulan ini saya dan suami baru kebat-kebit menyiapkan hal itu. Buat akta kelahiran itu katanya butuh Kartu Keluarga (KK), membuat KK baru itu ternyata perlu surat pindah. Surat pindah itu harus dibikin di kota asal dan perlu SKCK juga. Prosesnya panjang, melibatkan banyak pihak dari RT, RW, desa, kecamatan, sampai tingkat kabupaten. Sudah kebayang bagaimana ribetnya, yang berarti bahwa kami harus mudik ke kampung halaman. Sempat tidak sempat harus disempatkan soalnya ini tidak bisa diwakilkan.

1. Membuat Surat Pindah Penduduk

Saya saat ini ber-KTP Purworejo, asal daerah orang tua saya. Saya perlu membuat surat pindah ke Kabupaten Bandung karena ikut suami. Untuk membuat surat pindah, diperlukan surat pengantar dari desa dan kecamatan agar diberikan kepada Kantor Catatan Sipil. Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *