Man kneeling on floor and repairing printer --- Image by © Drew Myers/Corbis

Dulu mencetak dokumen yang berwarna mungkin sedikit sulit karena belum ada printer yang mendukung. Namun, dewasa ini telah hadir printer warna yang akan membantu pekerjaan anda dalam mencetak dokumen atau foto dengan berbagai warna sehingga lebih mudah. Berbagai perusahaan pun menciptakan berbagai macam model dan saling bersaing untuk mempromosikan printer terbaru mereka dengan harga yang bervariatif.

Bagi para pelajar yang hendak mencetak tugas dari sekolah atau bagi anda yang bekerja sebagai desain grafis, printer warna menjadi pilihan yang bagus untuk anda dalam memudahkan pekerjaan anda. Nah bagi anda yang memilikinya berikut ini kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat atau memelihara printer anda agar tidak mudah rusak.

Adapun cara-caranya adalah :

Cara yang pertama adalah dengan melakukan print setiap hari, hal ini dilakukan supaya tinta pada catridge tidak membeku yang nantinya akan terjadi penyumbatan.

Cara yang kedua adalah dengan membersihkan catridge dengan menggunakan tisu, apabila printer anda tidak menggunakan infus. Hal ini bertujuan agar hasil print lebih maksimal, namun apabila printer anda menggunakan infus sebaiknya anda membersihkan head atau head cleaning pada properties printer di komputer anda.

Cara yang ketiga perhatikan ketika anda melakukan print atau sedang mencetak sebuah dokumen, baiknya apabila mencetak banyak misalkan 50 lembar, sebaiknya anda mencetak 25 lembar 25 lembar. Karena apabila sekaligus, hal itu akan membuat catridge mudah rusak karena gesekan dari proses print tersebut.

Photo Credit © Drew Myers/Corbis