Jadwal puasa 2015 dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015 untuk wilayah Jakarta, Bandung, Jogja ,Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan sekitarnya menjadi pedoman bagi kita dalam menjalankan ibadah puasa 1436 Hijriyah. Puasa akan dimulai pada Kamis, 18 Juni mendatang dan jika selesai selama 29 hari, akan berakhir pada 16 Juli 2015.

Kementerian Agama telah menetapkan hari pertama puasa pada Kamis (16/6/2015) setelah menggelar sidang itsbat hari ini. Dalam sidang tersebut, perwakilan berbagai ormas Islam secara aklamasi menyepakati penentuan 1 Ramadhan. Dengan demikian, Muhammadiyah dan NU akan memulai puasa di hari yang sama. Pemerintah sendiri berharap bahwa nantinya, umat Islam Indonesia akan sama-sama merayakan 1 Syawal atau Hari Idul Fitri.

Untuk menyempurnakan puasa, hendaknya kita mengetahui jadwal imsakiyah Ramadhan tahun ini. Dengan demikian, kita bisa mengetahui kapan sahur dan berbuka. Di samping itu, jadwal imsakiyah akan memudahkan kita dalam mengerjakan salat tepat waktu, di awal waktu.

Adapun jadwal imsakiyah yang paling mudah diakses bisa dilihat di alamat rukyatulhilal.org. Kita dapat mengetahui bukan hanya jadwal imsakiyah untuk daerah sendiri, tetapi juga daerah lain. Cukup dengan mengganti kota pilihan, maka jadwal imsakiyah di berbagai lokasi, entah kota besar atau kecil, dapat dipantau.

Berikut ini jadwal imsakiyah Ramadhan 2015 untuk wilayah Jakarta, Bandung, Jogja ,Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.