motif bunga tengah menjadi tren. Bahkan, kebaya tersebut juga ngetren di pernikahan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Saat prosesi siraman kemarin, terlihat banyak wanita yang memakai kebaya kutu baru. Motifnya klasik, yakni bunga-bunga dan berwarna-warni.

Seperti diketahui, kebaya kutu baru sendiri sangat identik dengan wanita Jawa. Model kebaya kutu baru sebenarnya mirip kebaya klasik. Hanya, tampilan bukaan di bagian depan berbeda. Jika kebaya klasik langsung menyatukan sisi kanan dan kiri dengan kancing, tidak pada kutu baru. Kebaya model ini memiliki tambahan kain di bagian tengah, untuk menyatukan sisi kanan dan kiri.

Untuk pemakaiannya, kebaya kutu baru biasa dipadukan dengan kain batik. Selain itu, selendang polong dengan warna-warna cerah kerap dipakai sebagai pelengkap. Biasanya, selendang tersebut diselempangkan di bagian pundak hingga tangan.

Lebih lanjut, pemakai kutu baru umumnya memakai tatanan rambut sanggul Jawa. Sedangkan untuk wajah, riasannya tidak terlalu tebal, tapi terlihat natural. Hal ini yang terlihat dari para wanita yang datang di rangkaian prosesi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.