Empat medali emas tambahan diraih kontingen Indonesia pada hari ketiga penyelenggaraan SEA Games 2015 Singapura. Empat medali ini datang dari cabang olahraga bela diri. Wushu menyumbangkan tiga emas, sementara sisanya berasal dari judo.

Lindswell, Harris Horatius, dan Achmad Hulaefi sukses mendulang emas dari cabang olahraga wushu. Lindswell merebut emas setelah tampil apik di nomor taijiquan. Sedangkan Harris keluar sebagai pemenang di nomor nan quan+ nan gun. Adapun Hulaefi menyumbangkan emas lewat nomor cudgel gunshu.

Manajer kontingen wushu, Novita, mengatakan Lindswell memang diharapkan bisa meraih emas bagi Indonesia. “Dia tampil bagus, dan kami senang target sesuai dengan rencana,” kata Novita seperti dikutip Antara, Senin, 8 Juni 2015.

Sejauh ini wushu sudah menyumbangkan delapan medali yang terdiri atas tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu. Masih ada sembilan medali emas yang akan diperebutkan hari ini di cabang olahraga wushu.

Baca juga:
Di SEA Games Singapura, Tim U-23 Pakai Pita Hitam
SEA Games, Emas Pertama dari Atlet Dayung, Anak Suku Bajo
Kalahkan Kamboja 6-1, Pelatih U-23: Inilah Sesungguhnya Kami

Sementara itu, dari judo, emas disumbangkan oleh Horas Manurung, yang tampil di nomor 81-90 kilogram putra. Di babak final, ia sukses mengalahkan wakil tuan rumah, Gabriel Yang. Belajar dari kegagalan saat tampil di Olimpiade Militer di Korea Selatan, Horas mengatakan, ia berupaya tidak membuat kesalahan dalam turnamen ini. “Medali ini amat berarti bagi saya,” ucapnya.

Dengan perolehan ini, perolehan medali Indonesia menjadi 12 medali emas, 11 perak, dan 16 perunggu. Untuk sementara, Indonesia menempati peringkat keempat. Sedangkan peringkat pertama masih dipegang Singapura, yang mengemas 26 emas, 20 perak, dan 37 perunggu.

Adapun cabang renang yang diharapkan sanggup menyumbangkan medali ternyata tampil di bawah harapan. Dua perenang andalan Indonesia, yaitu I Gede Siman Sudartawa dan Triady Fauzi, gagal merebut medali. “Lawan tampil sangat bagus. Saya sendiri rasanya kurang maksimal,” kata Triady setelah tampil di nomor 100 meter gaya bebas.

Keduanya masih akan berlomba lagi. Triady akan bermain di nomor 50 meter gaya bebas, sedangkan Siman akan turun di nomor 50 meter gaya punggung.