Catat Rekor di Persib, Natsir Merendah
M Natsir menjalani debut perdananya bersama Persib Bandung di AFC Cup 2015 saat timnya dijamu Lao Toyota FC. Baru pertama kali tampil bersama Persib di kompetisi resmi, pria yang akrab disapa Deden itu tampil apik.

Ia mampu mengisi peran yang ditinggalkan I Made Wirawan di bawah mistar gawang. Yang terpenting, ia mampu menjaga kesucian gawang Persib tetap perawan di debutnya. Satu poin berkat skor 0-0 pun dibawa Maung Bandung.

Tapi di balik penampilan apiknya, Deden ternyata mencatat rekor tersendiri. Ia jadi kiper termuda Persib yang bermain di kompetisi level Asia. Saat membela Persib di AFC Cup, Deden baru berusia 22 tahun 61 hari.

Berdasarkan rekam jejak kiper Persib, I Made Wirawan jadi kiper tertua saat menjalani debutnya bersama Persib dengan usia 33 tahun saat timnya melakoni laga kualifikasi Liga Champions Asia beberapa waktu lalu.

Kiper Persib di bawah Made adalah Anwar Sanusi yang kini jadi pelatih kiper Maung Bandung. Saat memulai debutnya bersama Persib di Liga Champions Asia pada 1995, usianya sekira 27 tahun.

Terakhir, ada nama Gatot Prasetyo yang memulai debutnya pada 1995 di Liga Champions Asia dengan usia sekira 26 tahun. Praktis, tampilnya Deden di AFC Cup menggusur rekor yang dipegang Gatot selama 20 tahun.

Atas capaian tersebut, Deden pun merendah. Ia mengaku hanya berusaha tampil sebaik mungkin demi membantu meloloskan Persib ke babak 16 besar AFC Cup.

“Alhamdulillah (memecahkan rekor). Tapi saya tidak memikirkan itu. Yang penting saya berusaha bermain baik dan tidak mengecewakan pelatih,” kata Deden, Jumat 17 April 2015.

Soal debut perdananya, mantan kiper Arema Cronus itu mengaku tidak merasa gugup. Ia percaya diri karena banyak dibantu dan didukung oleh para seniornya di lapangan.

“Kalau beban enggak ada karena banyak mendapat bimbingan dari senior. Komunikasi saya dengan yang lain juga berjalan lancar saat di lapangan,” ungkapnya.

Ia pun bersyukur timnya mampu pulang dengan meraih satu poin. Sebab pertandingan menurutnya berjalan seru mengingat Lao bermain cukup bagus.

Deden pun kini makin termotivasi untuk tampil jadi kiper reguler Persib. Sebab selama ini posisi utama kiper berada di tangan I Made Wirawan yang punya banyak pengalaman.

“Saya harus (bermain) stabil dan menjaga kepercayaan pelatih,” ucap Deden.
(fmh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here