Siuman Dari Koma Akibat Stroke, Liu Jieyu, Lancar Bahasa Inggris

SETELAH siuman dari koma akibat stroke, Liu Jieyu (94) mengalami hal yang tak biasa. Tiba-tiba, wanita asal Tiongkok ini hanya mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan lupa dengan bahasa lokal.

Sekadar diketahui, Jieyu sudah terbaring koma di rumah sakit. Setelah siuman, ia menyapa keluarga dengan bahasa Inggris, setelah hampir 30 tahun tidak berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Where am I? What is happening?” ujar Jieyu seperti ditirukan oleh dokter yang merawatnya, Tao Hou.

Dalam hal ini, Tao Hou mengatakan kelangsungan hidupnya tidak terjamin. Jieyu didiagnosis menderita penyumbatan darah di otak, sampai pada akhirnya dirinya mengalami stroke.

Sementara, menurut keluarga, Jieyu tidak berbicara bahasa Inggris sejak hampir tiga dekade lalu. Dia hanya bisa berbicara dengan bahasa Mandarin sejak pensiun ke Provinsi Hunan, Tiongkok Selatan yang menjadi tempat tinggalnya.

“Kami berasumsi bahwa kemampuannya untuk berbicara Mandarin telah rusak, namun sel-sel otak yang memiliki kemampuan itu masih bisa diperbaiki. Caranya pasien harus direhabilitasi yang tepat, agar kemampuan berbahasa Mandarin kembali normal,” terangnya, seperti dikutip Foxnews, Kamis (5/2/2015).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here