Miss Universe 2015 : Putri Indonesia Dapatkan Gelar

Miss Universe 2015 : Putri Indonesia Dapatkan Gelar

Aessina.com – Meski gagal untuk masuk ke urutan 10 besar Miss Universe 2015, Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, mendapatkan gelar yang cukup untuk mengobati rasa kecewanya. Gelar yang Elvira dapatkan dari ajang Miss Universe tersebut yaitu busana nasional terbaik.

Kostum bertema The Chronicle of Borobudur ini dirancang Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Festival. “Berat baju ini 20 kilogram. Saya sudah dua kali memakainya untuk persiapan dikenakan nanti,” ujar Elvira pada 17 Desember 2014, sebelum hadir di ajang Miss Universe.

Bahan kostum tersebut terbuat dari tafeta sutra dan dipadukan dengan motif songket. Dari bahan itu, dibuatlah relief Candi Borobudur serta diberi detail manik-manik dan kristal. (Baca: Puteri Indonesia Pakai Baju 20 Kg di Miss Universe)

Untuk melengkapi penampilan, ada rangka membentuk stupa dengan berat sekitar lima kilogram yang dipasangkan pada bagian punggung. Pengerjaan kostum ini dilakukan Dynan sejak September 2014 dengan melalukan riset selama sebulan.

Busana Borobudur yang dikenakan Elvira ini mengalahkan empat negara lainnya yang sebelumnya terpilih sebagai lima kostum nasional terbaik. Negara yang berhasil dikalahkan Indonesia adalah Argentina, Kanada, Jerman, dan India.

Tahun ini, dua wakil Indonesia meraih best national costume dalam kontes kecantikan internasional. Elfin Pertiwi yang meraih gelar best national costume dalam kontes Miss International 2014 dengan kostum Tale of Siger Crown asal Lampung. Dan Estelita Liana dalam kontes Miss Supranational 2014 dengan kostum Warrior Princess of Borneo.