Kisaran Harga Ban Motor, Serta Waktu Penggantiannya yang Tepat!

Dengan maraknya produk ban motor yang ada di pasaran saat ini, tentunya akan sedikit memusingkan konsumen dalam mencari produk ban yang tepat untuk motornya. Alhasil, pentingnya untuk mengetahui kisaran harga ban motor serta faktor-faktor yang lainnya, agar bisa memilih produk ban motor yang lebih tepat. 

Artikel ini akan mencoba menuntun Anda agar bisa mendapatkan ban motor yang lebih sesuai. 

Bagaimana Memilih Ban Motor yang Tepat? 

Untuk menemukan ban motor yang tepat, sebenarnya caranya cukuplah mudah. Pertama tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda selama mengemudi. Pahami kebutuhan gaya berkendara Anda ketika memakai motor.

Apakah untuk mobilitas sehari-hari, untuk perjalanan jauh, atau yang lainnya? Setidaknya ini akan membantu Anda dalam mendapatkan ban motor yang lebih tepat. 

Selanjutnya penting untuk Anda mengetahui ukuran ban motor bawaan, sebelum mau menggantinya. Pastikan untuk Anda bisa memilih ban motor yang ukurannya sama dengan ban bawaan dari pabrik.

Biasanya informasi mengenai ukuran ban akan terdapat pada buku panduan, atau sering dicantumkan di bagian samping ban. 

Berapa Kisaran Harga Ban Motor Terbaru yang Berkualitas? 

Harga ban motor yang baru dan berkualitas, biasanya akan bervariasi tergantung dari berbagai hal. Di Indonesia sendiri, harga untuk ban motor terbaru biasanya akan memiliki rentang harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Untuk perkiraan kisaran harga dari ban motor yang dijual di dalam negeri ini, bisa Anda simak sebagai berikut: 

  • Ban Motor Merk Lokal

Untuk ban motor yang dibuat oleh produsen lokal atau seri ban yang lebih terjangkau, biasanya akan dijual di rentang harga Rp 200.000 – Rp 500.000. 

  • Ban Motor Merk Luar

Sementara untuk ban yang dibuat oleh produsen dari luar negeri atau yang sudah memiliki nama besar, biasanya akan dijual dari kisaran harga mulai dari Rp 500.000 hingga jutaan rupiah, tergantung dari spesifikasi dan ukuran dari bannya itu sendiri. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Beli Ban Motor Baru? 

Adapun beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan tentang waktu penggantian ban motor ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Kedalaman Alur Ban yang Sudah Menipis

Jika Anda mendapati alur pada ban (tread wear) sudah terlihat menipis, atau sudah mencapai batas minimum penggunaan yang sudah ditentukan oleh produsen ban, maka sudah saatnya untuk Anda mengganti ban motor Anda dengan yang baru.

  • Umur Ban yang Sudah Terlalu Tua

Meskipun alur pada ban Anda belum terlihat menipis, pada waktu umur ban sudah tergolong tua juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ban. Mengingat tekstur ban yang sudah terlalu berumur, biasanya akan terlihat mengeras dan juga rapuh. 

  • Intensitas Penggunaan Motor yang Tinggi

Jika intensitas penggunaan motor Anda tergolong tinggi, maka selalu periksa kondisi ban Anda setelah melakukan aktivitas berkendara. Sebab motor yang sering dipakai dalam perjalanan jauh atau melalui medan jalan yang bermasalah, biasanya akan mengakibatkan ban menjadi mudah aus. 

  • Pergantian Musim

Waktu penggantian ban juga bisa Anda lihat dengan berdasarkan pergantian musim yang akan tiba. Sebab secara tidak langsung kondisi cuaca ini akan mempengaruhi tentang jenis ban yang lebih sesuai untuk dipakai di jalanan. Seperti itulah kiranya sedikit pembahasan tentang harga ban motor terbaru serta informasi menarik lainnya seputar ban motor. Walaupun Anda sedang mencari ban terbaik dengan harga yang lebih terjangkau, bisa melirik koleksi ban motor dari Dunlop.