Alasan Penting Memilih Kuliah Sambil Kerja

Di jaman yang semakin modern, pendidikan dan kemampuan yang dimiliki seseorang sangat penting. Dimana keduanya dibutuhkan agar anda mampu bersaing mengikuti perkembangan jaman. Bahkan, sekarang ini, istilah kuliah sambil kerja merupakan hal yang cukup awam bagi kebanyakan orang. Meskipun sedang menjalani masa perkuliahan, bukan berarti Anda tidak bisa mencoba untuk memasuki dunia kerja. Hal tersebut bisa membawa manfaat yang menguntungkan bagi anda, simak penjelasannya berikut ini.

Mungkin bagi sebagian besar orang memilih untuk berkuliah sekaligus bekerja. Apalagi sekarang ini kita dituntut memiliki skill yang kompeten dalam menghadapi perkembangan zaman dengan persaingan yang semakin ketat. Tidak hanya jenjang pendidikan tinggi yang menjadi prioritas dalam perekrutan karyawan, tapi juga pengalaman kerja yang anda miliki juga menjadi kualifikasi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda menempuh jenjang kuliah sembari bekerja. Ini akan membantu anda mengasah skill dan kemampuan serta meningkatkan kualitas kemampuan yang anda miliki. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan manfaat yang membawa pengaruh baik bagi jenjang karir dan masa depan anda.

Alasan penting memilih kuliah sambil kerja adalah untuk mengasah pengalaman kerja sekaligus meningkatkan kemampuan dan skill anda. Seorang mahasiswa yang bekerja memiliki kemampuan dalam mengelola waktu serta memanajemen waktu dengan baik. Dimana nantinya hal tersebut akan sangat berguna dalam menunjang jenjang karir anda di masa depan. Tidak hanya itu, seorang mahasiswa yang memilih untuk kuliah sembari bekerja, memiliki keahlian multitasking yang sangat baik. Ini karena seorang mahasiswa yang bekerja lebih memahami apa yang menjadi prioritas utama sesuai dengan pengelolaan waktu yang tepat.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Pengalaman kerja yang anda miliki tentunya akan menambah nilai CV atau portofolio anda nantinya. Akan lebih baik lagi jika anda memilih pekerjaan yang relevan dengan program studi yang ditempuh. Bekerja membuat anda lebih bijak dalam mengelola waktu serta membagi waktu anda untuk kuliah dan bekerja. Dunia kerja tentunya sangat berbeda dengan suasana kampus dan perkuliahan. Mahasiswa yang bekerja akan beradaptasi dengan baik saat di dunia kerja maupun di kampus. Mereka akan profesional dalam bekerja serta berkompeten ketika dalam perkuliahan. Secara otomatis hal tersebut akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih tangguh dan bertanggung jawab.

Berdasarkan pembahasan di atas, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anda kuliah sambil kerja. Untuk bisa menjalankan keduanya secara efektif, berikut ini tips yang bisa dilakukan, seperti:

  • Jaga kesehatan dan siapkan mental

Menjaga kesehatan merupakan hal utama yang perlu untuk dipersiapkan dengan baik ketika anda memutuskan untuk berkuliah sembari bekerja. Tidak hanya itu, anda juga perlu untuk menyiapkan mental agar kewajiban baik itu kuliah dan kerja bisa terlaksana dengan baik.

  • Cari pekerjaan yang sesuai passion atau program studi

Jika anda telah memutuskan untuk kuliah sekaligus bekerja, maka sebaiknya anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan program studi yang dipilih. Hal ini bertujuan agar anda memiliki pengalaman kerja yang baik setelah anda lulus kuliah. 

  • Jangan menunda tugas saat kuliah sambil kerja

Sebaiknya anda hindari untuk menunda-nunda tugas kuliah agar beban tanggung jawab anda tidak tertumpuk. Anda bisa mengerjakan tugas pada saat pagi hari atau sebelum anda pergi bekerja.

Untuk mendukung pilihan anda berkuliah sekaligus bekerja, tentu anda harus memilih kampus yang menyediakan kelas karyawan. IDS Digital College, solusi bagi anda yang ingin bekerja sekaligus meningkatkan kualifikasi pendidikan. Kami memberikan layanan edukasi profesional yang berkualitas dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan khususnya di dalam bidang IT. 

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). Dengan pendekatan Real World Project yang membuat mahasiswanya siap untuk menghadapi tantangan dalam karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering (SE), Cyber Security (CS) dan Mobile Apps dan Games Development (MAG). Segeralah bergabung bersama IDS College yang terpercaya.