Jababeka Dipilih Jokowi Untuk Bangun Kawasan Industri

JAKARTA – Jajaran direksi PT direksi PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan pemaparan terkait pembangun dan pengembangan kawasan industri. PT Jababeka diwakili langsung oleh Direktur Utama Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono dan direktur pengembangan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengakui, Jababeka merupakan perusahaan kawasan industri yang memiliki pengalaman mengembangkan kawasan industri terpadu.

“Memang kita akui secara objektif, (Jababeka) yang paling pengalaman membuat kawasan industri terpadu,” ucap Andrinof di Istana Negara, Selasa (3/2/2015).

Selain sudah berpengalaman mengembangkan kawasan industri terpadu, Jababeka kata Andrinof pernah membuat pembangkit listrik hingga pengelolaan limbah.

“Tapi bukan hanya mereka. Habis ini Bappenas akan undang dua sampai tiga perusahaan sama-sama duduk untuk mengelaborasi,” papar Andrinof.

Menurut Andrinof, dalam pembangunan dan pengembangan kawasan industri, pemerintah membuka secara luas untuk perusahaan dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

“Terbuka dong. Ini kita dalam rancang memperbaiki sistem panggil orang yg pengalaman untuk memberikan ininya. Nah itu dia enggak banyak (perusahaan), makanya kenapa dipertanyakan Jababeka. Karena dia terbukti paling pertama dan pengalaman itu,” tukasnya.