Sumber :wp.jsstatic.com
Sumber :wp.jsstatic.com

Kadin Indonesia mendorong peningkatan kemampuan SDM dengan melakukan pelatihan. Ada banyak jenis pelatihan guna mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah mengikuti pelatihan. Kadin menjelaskan bahwa pelatihan harus dilakukan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas tinggi. Tidak hanya karyawan, para pemilik UMKM dan UKM juga wajib mengikuti pelatihan untuk mengembangkan kemampuannya.

Ada 7 jenis pelatihan yang bisa diikuti untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas dari SDM. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Pelatihan Bahasa

Bahasa adalah komunikasi utama untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Pasar global membuat kamu harus menguasai berbagai jenis bahasa asing. Bahasa asing yang wajib dikuasai adalah bahasa Inggris karena sebagai bahasa internasional. Pelatihan bahasa sangat dibutuhkan agar kamu dapat berkomunikasi dengan lancar dengan lawan bicara terutama yang berasal dari luar negeri.

Memang sekarang ini banyak penerjemah untuk berbagai bahasa, namun akan lebih nyaman jika berkomunikasi sendiri. Pelatihan bahasa asing bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus khusus. Sekarang sudah banyak penyedia jasa kursus bahasa asing yang berkompeten di Indonesia.

2. Pelatihan Teknologi

Kemajuan teknologi memaksa kamu harus belajar dan mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan teknologi. Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi. Tidak hanya karyawan, para pengusaha UMKM wajib untuk mengikuti pelatihan ini.

Di era industri 4.0 nantinya teknologi sangat berperan penting. Tentu saja untuk menghadapi revolusi industri ini kamu harus mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan teknologi. Sekarang ini sudah banyak pelatihan teknologi yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

3. Pelatihan Keahlian atau Skill Training

Pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan. Biasanya pelatihan ini dilakukan dalam lingkup bidang yang kecil. Perusahaan bisa melakukan pelatihan ini agar karyawannya semakin cakap dalam menjalankan tugasnya.

4. Pelatihan Tim atau Team Training

Pelatihan tim ini merupakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dalam tim. Dengan pelatihan ini diharapkan kekompakan tim akan tetap terjaga. Biasanya pelatihan ini tidak hanya seminar saja tapi juga outbound atau game yang membutuhkan kerja sama.

5.Pelatihan Lintas Fungsional

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang melibatkan semua karyawan untuk melakukan lintas pekerjaan. Tujuan dari pelatihan ini adalah membuat karyawan mampu untuk menguasai pekerjaan di bidang lainnya.

Dengan pelatihan ini diharapkan kemampuan bekerja semakin meningkat. Karyawan tidak hanya dapat mengerjakan satu pekerjaan saja tapi juga menguasai banyak bidang. Para penggerak UMKM juga wajib mengikuti pelatihan ini untuk mengembangkan kemampuannya.

6. Pelatihan Kreativitas

Pelatihan ini sangat penting diikuti oleh penggerak UMKM dan calon pengusaha. Jenis pelatihan ini mengajak untuk mengeluarkan ide unik untuk meningkatkan usaha.

Jenis pelatihan ini juga cocok untuk diikuti oleh fresh graduate. Melalui pelatihan ini diharapkan banyak bermunculan ide unik dan kreatif untuk membuka peluang usaha.

7. Retraining

Jenis pelatihan ini adalah pengulangan pelatihan yang sudah pernah dilakukan. Mengikuti pelatihan memang tidak cukup sekali saja. Untuk meningkatkan kemampuan perlu mengikuti banyak pelatihan.

Jangan pernah ragu untuk mengikuti pelatihan walaupun pernah mengikutinya. Pengulangan pelatihan ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh SDM.

Ketujuh jenis pelatihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan SDM. Perlu diingat pelatihan untuk mengembangkan diri tidak hanya cukup sekali diikuti. Kamu harus rajin mengikuti seminar atau pelatihan agar kemampuan terus berkembang.

Kadin Indonesia selalu mengingatkan kepada generasi milenial untuk mengasah kualitas dirinya. Hal ini dikarenakan persaingan global sudah di depan mata, dibutuhkan SDM yang unggul agar mampu bersaing di pasar global.