Faktor dan Penyebab Anak Terlambat Bicara

anak terlambat bicara

Kata pertama yang keluar dari seorang anak merupakan salah satu yang sangat di tunggu-tunggu oleh kedua orang tuanya. Apalagi kalo sang anak sudah dapat mengucap “papa” atau “mama” itu merupakan hal yang sangat di tunggu-tunggu karena setiap kata yang keluar dari anak, kedengarannya sangat lucu, menghibur dan menggelikan. Tapi bagaimana apabila anak terlambat bicara? Orang tua manakah yang tidak panik.

Normalnya anak pada usia 1 – 2 tahun sudah dapat mengucapkan kata yang dapat di pahami contoh kata yang sering di ucapkan adalah papa, mama, mimik, mom, dan lain-lain. Pada anak di usia 2 tahun biasanya akan dapat merangkai kata-kata, mengucapkan kalimat sederhana, meskipun terkadang susunannya terbalik.

Apabila seorang anak masih belum dapat mengucapkan kata-kata yang dapat dipahami maka anak tersebut dapat digolongkan anak terlambat bicara. Faktor yang di sebabkan biasa dari faktor fungsional maupun dari faktor nonfungsional.

Faktor Fungsional

Anak yang terlambat bicara karena faktor fungsional hanya karena tertinggal, boleh kita katakan dengan “kalah start”. Karena suatu saat nanti pastinya akan dapat berbicara. Berikut faktor fungsional karena anak yang terlambat bicara diantaranya :

  • kurang di ajak komunikasi
  • Sering nonton televisi sendirian
  • Orang tua menggunakan 2 bahasa di rumah

Faktor Nonfungsional

Anak yang terlambat bicara karena faktor nonfungsional biasanya tidak dapat memahami pembicaraan orang lain. Anak ini juga apabila merespon dipanggil, cenderung hiperaktfi atau bermain sendiri. Suara yang keluar dari mulutnya tidak dapat membentuk kata yang bermakna. Berbicara dengan basa yang tidak dimengerti oleh orang lain dan akan cenderung menggunakan bahasa tubuh. Keterlambatan bicara karena faktor ini umumnya disebabkan karena gangguan dari pendengaran atau infeksi telinga apabila infeksi ini terus berlanjut maka harus sesegara mungkin berkonsultasi kepada dokter ahli.

Itulah faktor-faktor penyebab anak terlambat bicara, orang tua mana yang ingin anaknya terlambat bicara, karena semua orang tua pastinya ingin memiliki anak yang cerdas dan juga pintar terlebih dari saat berbicara. Untuk itu, berilah nutrisi penting berupa susu, selain dari ASI. Susu yang terbaik adalah susu Dancow.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *