Cek Tagihan Listrik
Cek Tagihan Listrik

Mungkin kamu adalah salah satu yang merasakan kemajuan teknologi, karena hampir semua urusan bisa dilakukan secara online. Dan untuk cek tagihan listrik PLN pun bisa kamu lakukan secara online tanpa menunggu petugas listrik datang. Sekarang ini sudah ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek pemakaian listrik.

Kamu dulu mungkin berlangganan email e-billing untuk jumlah tagihan listrik bulanan, tetapi sekarang sudah tidak ada. Makanya kamu bisa mencoba mengakses link untuk berlangganan e-billing, www.pln.co.id/info-rekening.

Cek Tagihan Listrik

Ada beberapa cara yang memudahkan kamu untuk cek tagihan listrik online tiap bulannya. Ada 2 jenis listrik yang digunakan, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Perbedaan dan kelebihan masing-masing adalah

  • Listrik Prabayar

Untuk saat ini sudah banyak rumah tangga yang menggunakan fasilitas listrik prabayar. Listrik prabayar ini merupakan layanan dari PLN, kamu bisa mengatur pemakaian listrik sesuai dengan keuangan kamu. Dan sistem pembayarannya seperti pembelian pulsa pada telepon genggam, maka kamu harus membeli pulsa listrik dahulu sebelum bisa menggunakannya. Jika pulsa listrik kamu habis, harus melakukan pengisian pulsa ulang dan begitu seterusnya.

Kelebihan dari listrik prabayar:

Keamanan terjamin karena 20 digit pulsa listrik hanya bisa digunakan di meteran kamu, kamu bisa menentukan dengan pasti biaya pemakaian listrik per bulannya. Jenis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kontrakan maupun rumah kos, tidak pernah terjadi resiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas PLN. Dan tidak ada denda jika telat bayar.

Kekurangan dari listrik prabayar:

Disaat pemakaian listrik terlalu besar, terkadang listrik bisa tiba-tiba mati makanya kamu harus selalu sedia voucher pulsa listrik cadangan. Dan untuk meteran listrik prabayar lebih mudah rusak dan sensitif .

  • Listrik Pascabayar

Jenis listrik pascabayar adalah layanan listrik yang tagihannya per bulan, dan pembayarannya dilakukan setelah pemakaian. Untuk saat ini cek tagihan listrik bisa kamu lakukan langsung lewat loket atau secara online menggunakan aplikasi Jenius.

Kelebihan dari listrik pascabayar :

Kamu tidak perlu khawatir karena listrik selalu tersedia, dan tidak ada risiko tiba-tiba mati karena habis pulsa. Dan kamu juga tidak harus melakukan isi pulsa listrik sendiri.

Kekurangan listrik pascabayar :

Dalam pemakaian kamu harus berhati-hati, karena bisa saja overbudget. Dan apabila kamu menunggak dalam pembayaran, kamu bisa dikenakan denda bahkan sampai pemadaman listrik.