Gerbang pembayaran nasional
Gerbang pembayaran nasional

Memikirkan masa depan, sudah pasti memikirkan perencanaan. Gerbang pembayaran nasional membantu mewujudkan bagian dari perencanaan tersebut. Terutama bagi mereka yang terbiasa transaksi dengan dunia perbankan. Gerbang pembayaran nasional menghadirkan solusi untuk pembayaran yang akan terjadi di masa depan. Di masa depan, tentunya tingkat traffic pembayaran akan lebih crowded.

Oleh sebab itu, untuk menjawab tantangan di masa depan  dengan Hadirnya transaksi online yang semakin menjamur, maka diperlukan satu portal pembayaran untuk semua transaksi. 

A. Tantangan masa depan 

Di masa depan, tentunya tingkat traffic pembayaran akan lebih crowded. Untuk itu pemerintah dan Bank Indonesia memikirkan hal tersebut, sebagai solusinya. Solusinya dengan meluncurkan serta mengatur portal pembayaran.

Pemerintah dan Bank Indonesia menciptakan gerbang pembayaran nasional ( GPN), karena tantangan di masa depan berupa semakin meningkat transaksi online, serta berkurangnya penggunaan uang kartal. sehingga perlunya suatu portal yang mengatur hal tersebut. 

B.  Solusi Pemerintah 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pemerintah mencanangkan program gerbang pembayaran nasional, diharapkan keamanan serta kenyamanan masyarakat dapat ditingkatkan. Semakin tinggi tingkat perekonomian maka semakin meningkat pula tingkat kesejahteraan. Untuk itu, Pentingnya membuat transaksi tersebut aman dan nyaman.

Jika tingkat perdagangan maju, maka tingkat perekonomian negeri akan meningkat. Selain itu, perlindungan terhadap perbankan. Karena perbankan menopang laju perekonomian negeri. Perbankan juga mendukung pertumbuhan perekonomian. 

Oleh sebab itu,  penggunaan uang kartal di masa depan akan berkurang. Hal tersebut dikarenakan ada banyaknya muncul transaksi online. Transaksi yang hanya melakukan pembayaran melalui transfer tersebut akan semakin meningkat di masa depan. Peluncuran kartu debit berlogo GPN diharapkan bisa melancarkan transaksi perbankan.

Keamanan dan kenyamanan serta kemudahan dalam transaksinya sangat diperhitungkan. Peluncuran kartu GPN serta sosialisasinya perlu dilakukan dari sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat terbiasa serta siap menghadapi tantangan masa depan. 

Untuk menjawab permasalahan diatas, maka pemerintah dan Bank Indonesia bekerja sama untuk mengatur laju perekonomian negeri dengan demikian, terciptanya suatu portal pembayaran bernama gerbang pembayaran nasional