Pembayaran non tunai atau cashless pada saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kebanyakan orang pada saat ini mulai nyaman untuk tidak membawa uang tunai dengan jumlah yang besar ketika belanja, liburan atau berbagai macam aktivitas dan kegiatan lainnya. Kebutuhan transaksi dan pembayaran bisa digantikan dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit hingga kartu ATM.

Akan tetapi pemilik kartu tersebut bukannya tanpa masalah sama sekali, mereka sering kali mengalami kesulitan ketika melakukan penarikan di ATM dengan bank yang berbeda atau membayar belanjaan di mesin EDC yang tidak sama. Hal tersebut pada saat ini bisa dituntaskan dengan sangat baik dengan adanya sebuah regulasi dari pemerintah yang mengatur transaksi pembayaran non tunai lintas bank.

GPN
GPN

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah sebuah terobosan yang dihadirkan oleh pemerintah yang akan memudahkan semua nasabah perbankan untuk melakukan pembayaran. Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN merupakan sebuah sistem yang memungkinkan layanan pembayaran dan transaksi perbankan yang bisa terintegrasi satu sama lain.

Dengan kata lain meskipun seorang nasabah memiliki kartu bank tertentu akan tetapi tetap bisa melakukan berbagai macam transaksi dan pembayaran dengan sangat mudah melalui merchant dan seluruh mesin ATM yang sudah tersebar luas di Indonesia sehingga akan memudahkan saat akan melakukan transaksi atau pembayaran. 

Keuntungan yang bisa dinikmati oleh semua pemegang kartu berlogo GPN atau gerbang pembayaran nasional cukup banyak di antaranya adalah transaksi yang lebih mudah dan lebih aman, adanya MDR atau merchant discount rate yang memungkinkan semua orang tidak akan mendapatkan biaya tambahan ketika membayar belanjaan di sebuah toko, penarikan tunai yang mudah hingga keamanan yang lebih terjamin.

Semua keuntungan dan manfaat tersebut akan lebih mudah dirasakan khususnya bagi semua pelanggan aplikasi jenius. Semua pelanggan aplikasi tersebut bisa memesan dan memiliki kartu x-card jenius GPN sebuah kartu transaksi dan pembayaran yang mendukung layanan gerbang pembayaran nasional yang bisa didapatkan langsung melalui aplikasi tersebut. Mereka tinggal mengikuti beberapa macam tahapan pemesanan, menunggu kartu tersebut diterima serta mengaktifkan kode CVV maka kartu tersebut sudah bisa digunakan.