izin payment gateway
izin payment gateway

Sebagai jasa pembayaran yang pertama kali mengantongi izin payment gateway resmi dari Bank Indonesia, tentu sebagian besar pengguna berharap mendapatkan servis yang baik dari Faspay.

Selain diharapkan lebih aman, pengguna juga ingin semua proses transaksi bisa berjalan lebih cepat dan efektif. Nah, buat Anda yang selama ini menggunakan Faspay tapi tidak paham alurnya, berikut cara Faspay melakukan transaksi.

izin payment gateway
izin payment gateway

Bagaimana Proses Transaksi Online pada Faspay?

Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara Faspay dalam memproses transaksi, ada baiknya mengetahui informasi terkait izin payment gateway yang dimilikinya untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Jadi, Faspay sendiri telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia sejak akhir 2017 lalu dan telah tergabung dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Gerbang Pembayaran Nasional tersebut telah membuat aturan tersendiri untuk dipatuhi oleh semua jasa payment gateway yang tergabung di dalamnya. Ternyata, GPN ini memberikan banyak kemudahan dan keuntungan yang belum banyak diketahui oleh nasabah, salah satunya memiliki biaya charge yang rendah, hanya 1%.

Secara garis besar, proses transaksi Faspay dibagi menjadi 3, yaitu Post Data, Notification dan Callback. Adapun uraian jelasnya yaitu:

  1. Post Data

Setelah pengguna menemukan produk yang cocok untuk dibeli, akan terjadi proses posting data setelah pembeli menyetujui pilihannya. Setelah posting data tersebut, pihak prosesor Faspay akan mengidentifikasi transaksi ini dengan parameter standar yang telah ditetapkan untuk setiap pengguna. Selanjutnya, sistem akan memeriksa lebih dalam untuk memberikan persetujuan.

  1. Notification

Jika sistem menyetujui proses transaksi yang dilakukan, Faspay akan melakukan booting pada sistemnya untuk mempercepat proses pengerjaan pesanan Anda. Setelah itu, sistem akan memberikan respons transaksi berupa notifikasi terkait transaksi dan keberhasilannya.

  1. Callback

Setelah proses transaksi Anda selesai dan berhasil dilakukan, pengguna akan dibawa ke halaman callback yang berisi pesan singkat ucapan terima kasih. Dari halaman ini, pengguna bisa langsung keluar ataupun kembali melihat produk-produk pada merchant yang telah bekerja sama dengan Faspay.

Guna memudahkan pengguna, Faspay telah terintegrasi dengan berbagai CMS ataupun e-commerce populer seperti WordPress, Magento, Prestashop, dan Opencart.

Nah, itulah tadi informasi seputar proses transaksi Faspay yang pertama kali mendapatkan izin payment gateway.