Mengganti Oli Mobil Untuk Pemula

Oli mobil memang tidak dapat dipungkiri memegang peranan yang sangat penting dalam rangka mempertahankan performa kendaraan Anda. Semua bagian atau komponen di dalam mobil Anda memerlukan pelumas untuk memperlancar kerja masing masing komponen. Misalnya untuk bagian rem, tentu memerlukan minyak rem yang fungsinya melindungi kampas dari terbakar saat digunakan untuk mengerem.

Selain itu di dalam pemindahan gigi pada mobil, Anda juga memerlukan oli transmisi yang fungsinya untuk memperlancar proses perpindahan gigi sehingga terasa lancar. Salah satu produsen oli terbaik adalah oli TOP 1.

oli mobil
oli mobil

Nah, Anda perlu memeriksa kondisi oli pada mesin, rem atau transmisi rutin setiap 3 bulan sekali dan itu tentu memerlukan biaya. Untuk menghemat biaya, Anda dapat mengecek atau bahkan mengganti oli mobil Anda sendiri dengan langkah sederhana seperti berikut ini:

1. Pengurasan oli lama

Mengganti oli berarti mengeluarkan oli lama dan menggantinya dengan oli baru. Pasang dongkrak untuk menyangga mobil agar terangkat sehingga lebih mudah untuk membuka tutup oli. Sebelum mengeluarkan oli, Anda dapat memanaskan mobil selama 3 menit terlebih dahulu dengan harapan oli lebih encer untuk dikeluarkan. Setelah mesin hangat, buka penutup oli  yang dapat Anda temukan pada bagian atas mesin. Siapkan bak penampung untuk menampung oli lama yang dikeluarkan dari baut penutup tank oli. Biarkan oli mengalir hingga benar benar habis

2. Ganti saringan

Agar kerja oli semakin optimal, Anda juga dapat mengganti saringan oli yang terdapat pada bagian depan mobil engan ciri warna bisa putih, silver, hitam atau biru berbentuk silinder dengan ukuran diameter 8 cm, panjang 10 cm. Keluarkan saringan lama kemudian ganti dengan saringan baru. Jangan lupa untuk melumasi sekitar saringan

3. Ganti oli

Cukup tuangkan oli dengan hati hati sesuai petunjuk buku manual Anda. jangan lupa membersihkan tetesan oli pada sekitarnya.

Untuk mengganti oli mobil, Anda dapat menyediakan oli TOP 1 evolution atau bisa juga menggunakan TOP 1 HP plus. Semuanya tersedia dengan kekentalan yang beragam, disesuaikan dengan karakter mobil Anda.