Jangan pernah meremehkan tidur siang khususnya untuk anak – anak. Ternyata aktivitas yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk orang dewasa maupun untuk anak – anak khususnya anak yang berusia 5 – 12 tahun. Anak yang berusia 5 – 12 tahun tengah berada dalam masa pertumbuhan yang pesat.

Dengan demikian, bagi anak yang baru berusia 5 -12 tahun, aktivitas tidur siang tidak hanya bermanfaat untuk mengistirahatkan pikiran dan juga tubuhnya saja, akan tetapi manfaatnya lebih dari sekedar itu. Dengan demikian, penting bagi setiap orang tua untuk menyarankan anaknya tidur siang dan membiasakannya pada usia – usia tersebut karena ada banyak sekali manfaat tidur siang yang akan sangat membantu mereka dalam masa pertumbuhan.

manfaat tidur siang

Beberapa manfaat tidur siang yang bisa anda jadikan sebagai pengetahuan diantaranya seperti menjaga kesehatan dan juga daya tahan tubuhnya, membantu proses metaboliseme, membantu tumbuh kembang anak agar menjadi lebih optimal, mencerdasakan anak, meningkatkan konsentrasi anak dan berbagai keunggulan lainnya yang bisa didapatkan si kecil dalam melakukan aktivitas tidur siang yang bisa dilakukan setiap hari.

Begitu banyaknya manfaat yang bisa bermanfaat bagi si kecil sehingga orang tua harus berusaha keras untuk berjuang bagaimana agar mereka bisa menerapkan pola tidur siang selama masih dalam masa pertumbuhan.

Meski demikian, membiasakan anak agar dapat tidur siang bukanlah suatu hal yang mudah. Para orang tua harus bisa melakukan sesuatu dan mengambil langkah strategis agar mereka mau tidur siang. Perkembangan jaman yang kian maju seperti adanya gadget dan perangkat bermain game akan menjadi salah satu kendala bagi para orang tua untuk bisa menerapkan aktivitas tidur siang bagi mereka.

Meski demikian, jangan pernah membatasi mereka untuk melakukan aktivitas, biarkan mereka beraktivitas sesuai dengan keinginannya akan tetapi kebutuhan tidur anak bisa tercukupi dengan baik. Tidur siang sendiri tidak perlu lama bagi anak – anak. 1 atau 2 jam saja sudah cukup akan tetapi kualitas tidurnya haruslah baik. Pada usia 5 – 12 tahun, kebutuhan tidur anak setiap hari ialah 10 – 12 jam.