Toefl Preparation
Toefl Preparation

Toefl Preparation sangatlah penting, terutama memahami setiap section khususnya Listening comprehension. Listening comprehension selalu ada di sesi pertama saat tes yang biasanya ada 50 pertanyaan yang membutuhkan waktu sekitar 30-35 menit. Pada sesi ini terbagi menjadi 3 bagian yakni, short conversation, long conversation dan several talks.

Sesi Pertama: Short Conversation

Bagian ini akan ada dua orang pembicara yang pada sesi akhir akan ada pembicara ketiga yang akan menanyakan apa yang ada pada percakapan tersebut. Umumnya akan mendengar ada tiga suara yang berbeda, dua pembicara tersebut biasanya antara perempuan dan laki-laki sedangkan suara yang ketiga adalah yang memberikan pertanyaan.

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul diantaranya:

  1. What does ……………….. mean?
  2. What does …………………. imply about …………….?
  3. What are the speakers talking about?
  4. What does …………………. think about?
  5. What will …………………… probably do?

Sesi Kedua: Long Conversation

Sama hal nya seperti bagian pertama, Anda akan mendengarkan percakapan. Tetapi pada bagian ini percakapan cukup panjang sehingga Anda harus mendengarkan dengan baik untuk dapat memahami apa yang dikatakan pembicara. Pertanyaannya juga cukup variatif sehingga Anda mendengarkan pertanyaan dengan baik dan membaca setiap kunci jawaban dengan sekilas sehingga Anda dapat memilih kunci jawaban yang benar.

Kami sarankan untuk tidak menulis catatan, upayakan saat menyimak percakapan dalam keadaan konsentrasi.

Sesi Ketiga: Several Talks

Sedangkan arahan untuk bagian ketiga akan sedikit berbeda dengan arahan pada bagian kesatu dan kedua. Pada bagian ini Anda akan mendengarkan ceramah, pengumuman, penjelasan, berita, perkuliah, dan lain sebagainya. Satu pembicara akan menyampaikan materi dan pembicara lain akan memberikan pertanyaan. Harap simak dengan seksama bagian ini karena akan menyita waktu lebih lama dari pada dua bagian sebelumnya. Upayakan tetap berkonsentrasi.