Tahap Perkembangan Fungsi Tubuh

tahap perkembangan anak

Ketika tahap perkembangan anak sudah mulai mendekati satu tahun,  orang tua juga harus mulai melatihnya untuk berdiri. Ajarkan buah hati untuk melangkah perlahan-lahan. Dengan demikian perkembangan bayi pada saat usia sepuluh bulan akan semakin baik dan semakin cepat. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, Bayi biasanya sudah mulai bisa memanfaatkan kedua tangannya dengan lebih sempurna. Anak bisa memegang mainannya dengan baik dan tanpa terlepas, bahkan sudah mulai bisa menggerakan mainannya ke kanan dan ke kiri atau ke atas dan ke bawah.

Dalam teori Erikson tahap perkembangan anak, anak memperoleh kepuasan bukan dari keberhasilan mengontrol alat-alat anus saja, tetapi juga dari keberhasilan mengontrol fungsi tubuh yang lain seperti :

  • Urinasi,
  • Berjalan,
  • Melempar,
  • Memegang, dan sebagainya.

Pada tahun kedua, penyesuaian psikososial terpusat pada otot anal-uretral (Anal-Urethral Muscular) :

  • Anak belajar mengontrol tubuhnya, khususnya yang berhubungan dengan kebersihan. Pada tahap ini anak dihadapkan dengan budaya yang menghambat ekspresi diri serta hak dan kewajiban.
  • Anak belajar untuk melakukan pembatasan-pembatasan dan kontrol diri dan menerima kontrol dari orang lain.
  • Hasil mengatasi krisis otonomi versus malu-ragu adalah kekuatan dasar kemauan. Ini adalah permulaan dari kebebasan kemauan dan kekuatan kemauan (benar-benar hanya permulaan), yang menjadi ujud virtue kemauan di dalam egonya. Pada tahap ini pola komunikasi mengembangkan penilaian benar atau salah dari tingkah laku diri dan orang lain, disebut bijaksana (judicious).

Untuk membantu tahap perkembangan anak orang tua harus memperhatikan asupan gizi yang akan diberikan. Ada beberapa jenis makanan yang memang disarankan selama perkembangan bayi satu tahun. Jenis makanan tersebut adalah sup dan makanan yang lumat atau lembek. Makanan ini adalah salah satu makanan paling dasar untuk buah hati berlatih mengonsumsi makanan pendamping selain ASI atau susu formula.

Berikan campuran ayam dan juga berbagai jenis sayuran supaya asupan nutrisi bayi tetap terpenuhi. Selain itu juga bisa memberikan oats sebagai makanan bayi usia satu tahun sebagai pengganti ASI. Makanan olahan gandum ini sangat bermanfaat bagi bayi untuk melancarkan pencernaan karena adanya kandungan serat yang tinggi.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *