Bertumpuknya atau bertimbunnya arsip dan dokumen yang tidak penting menjadi masalah serius dalam sebuah instansi atau perusahaan. Penyusutan adalah salah satu sarana yang penting yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah dokumen yang tidak lagi terpakai.

Dokumen yang tidak dipakai akan membuat daya tamping ruang penyimpanan arsip menjadi penuh dan tidak ada tempat untuk arsip-arsip yang baru.

jasa penghancuran arsipOleh sebab itu, penghancuran arsip harus dilakukan agar ruang penyimpanan arsip memiliki daya tamping yang luas lagi. Dewasa ini, banyak jasa penghancuran arsip yang berkembang.

ehingga memungkinkan untuk membantu perusahaan anda dalam Menghancurkan arsip yang tidak memempunyai daya guna lagi. Penghancuran arsip merupakan serangkaian dari manajemen dokumen perusahaan atau dokumen pribadi.

Berdasarkan peraturan dari pemerintah penyusutan arsip dapat dimasukan menjadi beberapa kegiatan pengurangan. Ada beberapa cara dalam kaitanya dengan pengurangan arsip yang dapat dilakukan olrh intansi atau perusahaan. Pertama, memindahkan arsip inaktif dari unit pengelolahan arsip kedalam lingkungan negara atau badan yang mengurusi tentang kearsipan masing masing perusahaan.

Kedua dengan melakukan pemusnahan arsip. Dokumen yang tidak lagi memiliki nilai guna bagi perusahaan dapat dimusnakan. Namun cara dan langkah pemusnahan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketika, perusahaan dapat menyerahkanarsip yang sudah tidak lagi dipakai kepada Unit Kearsipan yang dikepalai oleh arsip Nasional. Sehingga dokumen dapat dilakukan tindakan sebaik mungkin.

Setelah mengetahui cara dari penyusutan kita akan mengetahui tujuan utama dilakukannya penyusuta arsip yang tidak penting. Diantaranya adalah sebagai berikut.

(1) Menghemat penggunaan sarana dan prasarana penyimpanan arsip suatu perusahaan.

(2) Menenkan biaya serenda mungkin terkait dengan pengelolaan arsip dan dokumen perusahan.

(3) Memudahkan perusahaan dalam menemukan dokumen yang bila sewaktu-waktu diperlukan secara mendadak.

(4) Mewujudkan efisiensi dan efektifitas perusahaan, dan yang terakhir.

(5) menjamin penyelamatan arsip yang bernilai untuk perusahaan. Tetapi kebanyakan cara yang diambil adalah penghancuran dokumen. Makanya muncul berbagai jasa penghancuran arsip.

Sebab kerahasiaannya kan dijamin dan lebih aman untuk dilakukan. Salah satu jasa penghancuran yang terpercaya adalah RDS.