Faktor yang Menentukan dalam Perhitungan Jumlah Premi

Jika ingin mengalihkan resiko kerugian pada pihak asuransi, ada biaya yang wajib dibayar yang dikenal dengan istilah premi asuransi. Contohnya seperti asuransi mobil sinar mas, jika anda memilikinya maka ada premi yang harus anda bayarkan setiap waktunya yang telah disepakati. Premi atau biaya yang anda bayarkan itu akan diganti dengan perlindungan kendaraan.

Tentunya setiap perusahaan asuransi memiliki aturan sendiri-sendiri dalam menetapkan besarnya premi begitupun asuransi mobil . Meski begitu, pemilik kendaraan pastinya ingin mendapatkan premi yang murah namun perlindungan komplit. Namun anda jangan mudah tergiur dengan premi murah dan mengabaikan kualitas layanan. Dasar setiap perusahaan asuransi menetapkan besaran premi dihitung dari beberapa faktor.

Faktor pertama yaitu jenis jaminan, asuransi jenis all risk tentu berbeda besaran premi yang harus dibayarkan dibandingkan dengan TLO. Biasanya all risk lebih mahal karena perlindungannya cukup lengkap, belum lagi jika menggunakan perluasan perlindungan.

Faktor kedua yaitu jenis kendaraan, jenis kendaraan baru dan bekas menjadi faktor perhitungan premi yang dinilai dari persentase. Semakin mahalnya harga sebuah kendaraan, maka persentasenya pun semakin kecil.

Faktor ketiga yaitu usia pengemudi, usia dibawah 30 tahun dan diatas 60 tahun akan mendapatkan besaran premi cukup tinggi. Karena data statistika menunjukan di usia tersebut rentan terjadinya kecelakaan.

Faktor keempat yaitu dilihat dari lokasi, tempat tinggal anda juga ikut andil mempengaruhi besaran premi. Biasanya pihak asuransi sudah memiliki data daerah-daerah yang rawan seperti banyaknya kriminalitas, daerah yang rawan bencana dll.

Faktor kelima yaitu jarak tempuh kendaraan, semakin sering mobil  tersebut digunakan maka semakin tinggi terjadinya resiko. Maka hal ini juga berpengaruh terhadap besarnya premi.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *