Tidak dapat kita pungkiri bahwa bawang putih ini dalam keadaan mentah sangatlah bau, namun tidak disangka dengan bawang tersebut sebuah masakan menjadi beraroma yang enak selain itu ternyata bawang putih banyak khasiatnya bagi kesehatan karena bawang putih mengandung kalsium yang bersifat menenangkan, saltivine, dially sulfide (yang baik apabila dijadikan makanan untuk gula darah, belerang, protein, lemak, posfor, zat besi, dan vitamin (A, B1 dan C).

Adapun beberapa khasiat dari bawang putih untuk tubuh kita adalah

  1.         Meredakan flu dan batuk

Rasa dan bau yang khas pada bawang putih ternyata berasal dari kandungan sulfur yang berfungsi untuk meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernafasan yang akan meredakan hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir.

  1.         Menurunkan kadar Kolesterol

Khasiat yang berikutnya dari bawang putih adalah dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh seperti study yang menunjukkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari akan menurunkan kolesterol secara drastis. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol apabila dikonsumsi secara rutin.

  1.         Menurunkan kadar gula darah

Bawang putih kaya akan bahan-bahan aktif dan salah satunya adalah diallyldisul-phide oksida atau allicin dan jika dikombinasikan dengan flavonid maka akan berperan penting dalam menurunkan kadar glukosa sehingga anda dapat menambahkan bawang putih sebagai makanan untuk gula darah.