Merawat Kain Tenun Rangrang
Merawat Kain Tenun Rangrang

Kain tenun merupakan karya seni yang selayaknya dihargai dan dilestarikan. Proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama hingga hitungan bulan, menjadikan kain tenun memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan jenis kain pabrikan pada umumnya. Dengan harga yang cukup mahal, jika anda memilikinya maka jangan sampai anda salah memperlakukannya sehingga mengakibatkan kain tenun anda rusak. Ikuti Cara Merawat Kain Tenun Rangrang berikut agar kain tenun anda tetap terawat dan awet:
1. Jika anda ingin menyimpan kain tenun, sebaiknya kain tenun digulung saja lalu dibungkus kertas. Jadi saat anda ingin mengenakannya tidak ada bekas lipatannya, selain itu kertas yang digunakan untuk membungkus bermanfaat untuk melindungi kain tenun agar tidak kotor dan berdebu.
2. Jika anda ingin mencuci kain tenun, jangan gunakan detergen yang banyak mengandung zat kimia. Ada bahan khusus untuk mencuci kain tenun seperti lerak misalnya. Sebaiknta anda menggunakan bahan-bahan khusus seperti itu. Kalau tidak bisa menemukan bahan khusus seperti itu maka gunakan shampoo bayi sebagai alternative. Jangan dicuci dalam mesin cuci, cukup kucek tangan saja agar bisa lebih hati-hati.
3. Setelah selesai mencuci langsung saja dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, dan tidak perlu diperas apalagi dimasukkan dalam mesin pengering.
4. Saat anda bermaksud menyeterika kain tenun, sebaiknya dilapisi kertas atau kain lain. Jangan sampai anda menyeterika kain tenun langsung tanpa pelapis.
Nah demikian Cara Merawat Kain Tenun Rangrang. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here