Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015 – 1436 H Kementerian Agama (Kemenag). Marhaban Ya Ramadhan. Tanpa terasa bulan Ramadhan nan suci akan segera di jelang. Seluruh umat muslim dunia, terutama kaum muslimin dan muslimat di Indonesia tentunya sudah sangat menanti-nantikan datangnya bulan yang penuh rahmat dan karunia ini.

Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dalam agama Islam disebut sebagai bulan penuh berkah dan keagungan karena didalamnya terdapat pintu-pintu ampunan yang terbuka lebar bagi siapa pun umat muslim yang menginginkannya. Selain menjadi bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan, bulan Puasa Ramadhan juga menjadi salah satu bentuk kasih sayang yang diberikan oleh Allah SWT guna mengasah jiwa, menajamkan pikiran sekaligus membersihkan hati seorang muslim.

Bagi seorang muslim, berpuasa adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh mereka yang secara fisik dan mental dinyatakan sehat serta usianya telah mencukupi. Hukum wajib dalam melaksanakan puasa Ramadhan juga dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183: “Wahai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar menjadi orang yang takwa”. Dengan bersumber dari ayat ini, maka jelaslah sudah jika melakukan shaum di bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus diniatkan sekaligus ditaati.

Menarik lainnya: #Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Harian Dan Sebulan Penuh

Ramadhan tahun ini tentu akan memberikan kesan yang mendalam bagi segenap muslim di Indonesia, pasalnya pada tahun ini umat muslim di seluruh Indonesia akan mengawali puasa secara bersamaan. Hal ini merujuk pada ulasan perhitungan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang menyebutkan jika keseragaman awal puasa Ramadhan dan juga Idul Fitri di perhitungkan akan berlangsung mulai tahun 2015 ini hingga 2022 mendatang. Sedangkan untuk Idul Adha, keseragaman akan dimulai dari 2016 sampai 2022 mendatang.

Menarik lainnya: #Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 2015

Guna menyongsong kehadiran bulan suci Ramadhan sebagaimana yang dikabarkan akan jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015 dan berlangsung selama 29 hari hingga hari Jum’at, 17 Juli 2015 (1 Syawal 2015/1436 H). Maka melalui artikel ini, berjibaku.com akan memberikan sedikit informasi mengenai Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015 – 1436 H untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk daerah-daerah yang lain, Anda bisa membuatnya sendiri melalui halaman Kementerian Agama di penghujung artikel ini.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *