Sosok VW Transporter atau yang akrab disapa Combi tentu tidak asing bagi para penggemar mobil klasik di Indonesia. Minibus ikonik Jerman ini memiliki sejarah panjang sejak diperkenalkan pertama kali pada 1950.

Tak heran, minibus ini memiliki penggemar fanatik di berbagai penjuru dunia. Untuk melestarikan eksistensinya, pabrikan asal Wolfsburg, Jerman itu dikabarkan merilis generasi keenam dari Transporter.

VW mengakui jika pihaknya berusaha memodernisasikan Transporter secara hati-hati. Oleh karena itu, minibus ini hadir lebih modern namun tetap mempertahankan tampilan klasiknya dengan desain mengkotak.

Melansir laman Autoblog, Jumat (17/4/2015), unsur modern di Transporter hadir pada fasia dengan desain grill dan kap yang terintegrasi pada headlamp berteknologi LED.

Lebih lanjut, VW merancang generasi terbaru Transporter menjadi minibus yang lebih aman dan nyaman melalui fitur suspensi adjustable dan adaptive cruise control. Tak luput, pabrikan turut mempersenjatai Transporter dengan seabrek fitur keselamatan seperti City Assist Braking dan Driver Alert System.

Adapun fokus utama modernisasi pada Transporter hadir pada sektor dapur pacu. VW merancang agar konsumsi BBM pada seluruh minibus ini lebih irit 15 persen. Minibus ini hadir dalam dua jenis mesin yakni 2,0 liter bensin serta 2,0 liter diesel.

Transporter bermesin diesel tersedia dalam empat pilihan output tenaga antara lain 83, 101, 148, hingga 201 Tk. Sementara untuk versi bensin hanya tersedia dalam pilihan 148 dan 201 Tk saja.

Sayangnya, pabrikan ‘mobil rakyat’ ini hanya akan memasarkan generasi keenam Combi di Eropa. Minibus ini dilepas dengan banderol mulai dari US$ 27 ribu atau sekitar Rp 347 jutaan.