Juventus Tantang Barcelona di Final Liga Champions
Juventus berhasil melangkah ke final Liga Champions untuk menghadapi Barcelona setelah bermain imbang 1-1 menghadapi Real Madrid di semifinal leg kedua di Santiago Bernabeu, Kamis (14/5) dini hari WIB.
Andrea Pirlo dan kawan-kawan berhak melaju ke partai final yang akan dilangsungkan pada 6 Juni mendatang, berkat kemenangan 2-1 yang mereka raih pada semifinal leg pertama. Juventus lolos dengan keunggulan agregat 3-2.

Meski unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo dari titik putih pada menit ke-23 dan mendapat dukungan penuh publik Santiago Bernabeu, tidak cukup untuk membantu Madrid membalikkan keadaan mengalahkan Juventus.

Dengan hasil imbang ini, Juventus berhasil menggagalkan final sesama negara untuk tiga tahun berturut-turut, setelah di dua musim sebelumnya, final Liga Champions selalu menghadirkan dua tim yang berasal dari satu negara.

Tertinggal satu gol di babak pertama, Juventus tampak kesulitan untuk memenangi duel di lini tengah, meski mereka lebih mendominasi penguasaan bola di awal babak kedua.

Namun, tim asuhan Massimiliano Allegri yang mencoba perlahan-lahan memainkan bola untuk menembus pertahanan Madrid, sempat mendapatkan celah pada menit ke-52.

Setelah menguasai bola di lini tengah, Juventus mengakhiri operan-operan pendek mereka lewat sebuah tendangan spekulasi Claudio Marchisio dari luar kotak penalti, yang masih sedikit melebar dari gawang Madrid.

Madrid yang terlihat lebih berbahaya ketika memegang bola, kembali memiliki kesempatan pada menit ke-54.

Sebuah aksi Marcelo yang meliuk-liuk menghindari jegalan pemain bertahan Juventus, diakhiri pemain Brasil itu dengan sebuah tendangan keras yang masih sedikit melebar dari gawang tim tamu.

Momen penting bagi Juventus tercipta pada menit ke-58, ketika Alvaro Morata mencetak gol penyama kedudukan bagi tim tamu setelah memanfaatkan umpan dari Paul Pogba.

Morata yang mendapatkan ruang di kotak penalti, mengontrol bola dengan dadanya sebelum melepaskan tendangan setengah voli, yang melaju deras tanpa mampu diamankan oleh Iker Casillas.

Membutuhkan gol untuk tetap menjaga asa menuju final, Madrid kembali mengancam lewat tendangan spekulasi James Rodriguez. Namun tendangan pemain asal Kolombia itu hanya sedikit di atas gawang Buffon, meski kapten Juventus itu sudah mati langkah.

Keasyikan menyerang, gawang Madrid hampir kembali kebobolan pada menit ke-70. Beruntung Casillas menggagalkan peluang Claudio Marchisio yang berdiri bebas di depan gawang Madrid.

Madrid kembali melewatkan kesempatan untuk mencetak gol, saat sundulan Gareth Bale pada menit ke-74, masih melayang di atas gawang Buffon.

Di sepuluh menit pertandingan, Allegri mencoba untuk mengunci kemenangan timnya dengan memasukkan pemain bertahan, Andrea Barzagli, untuk semakin memperketat pertahanan mereka.

Ketatnya pertahanan juara Serie A Italia tersebut, tetap tak tertembus hingga peluit panjang berbunyi, sehingga Juventus akan mengakhiri penantian mereka selama 12 tahun untuk kembali merasakan laga final Liga Champions.

Susunan Pemain

Real Madrid: Iker Casillas; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; James Rodriguez, Toni Kroos, Isco; Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Javier Hernandez 67′).

Juventus: Gianluigi Buffon; Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Patrice Evra; Claudio Marchisio, Andrea Pirlo (Andrea Barzagli 79′), Paul Pogba; Arturo Vidal; Carlos Tevez, Alvaro Morata (Fernando Llorente 84′).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here