Kerjasama sponsor dengan nilai kontrak menggiurkan kian ramai menghampiri klub-klub papan atas Eropa. Teranyar tentu kerjasama antara Chelsea dengan perusahaan manufaktur karet ban terbesar Yokohama Rubber selama lima tahun dengan kontrak mencapai angka angka 200 juta poundsterling atau sekitar Rp 4 triliun mulai musim 2015/16.

Kontrak dengan angka fantastis itu langsung menempatkan Chelsea dalam deretan klub dengan nilai sponsor fantastis. Maklum, per tahunnya Chelsea akan mendapatkan pemasukan 40 juta pound dari Yokohama Rubber.

Sebelum ‘The Blues’, beberapa klub papan atas dunia sudah lebih dulu menjalin kerjasama dengan kontrak besar. Klub mana yang telah menjalin kerjasama dan ada di peringkat berapa Chelsea? Berikut daftarnya :
8. Liverpool dan Standard Chartered
Kerjasama antara Liverpool dengan bank yang banyak beroperasi di Asia, Timur Tengah, dan Afrika ini per tahunnya berada di angka 20 juta poundsterling atau Rp 400 miliar per tahun.

Kontrak antara Liverpool dan bank multinasional yang pusatnya berada di London, Inggris akan berjalan hingga akhir musim 2015/16
7. Manchester City dan Etihad Airways
Sama halnya dengan Liverpool, kontrak antara ‘The Citizen’ dengan maskapai penerbangan internasional asal Uni Emirat Arab per tahunnya mencapai angka 20 juta poundsterling.

Yang menghebohkan, kesepakatan antara kedua belah pihak tidak hanya sebatas sponsor di dada jersey pemain. Kerjasama mencapai 400 juta pound atau lebih dari Rp 5 triliun, mencakup sponsor kaos maupun stadion dalam jangka waktu 10 tahun.
6. Barcelona dan Qatar Airways
Dari kerjasama ini, Barcelona meraup pemasukan 25 juta pound per tahunnya atau sekitar Rp 501 miliar .

Namun, Barcelona kemungkinan besar tidak akan memperpanjang kontrak bernilai 150 juta pound ini. Alasannya, menurut beberapa sumber karena Qatar mendanai kelompok garis keras Hamas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here