Musim 2014-15, Arsenal punya dua kiper tangguh untuk berlaga di semua kompetisi yang diikutinya. Dua kiper tangguh Meriam London –sebutan Arsenal– yang dimaksud adalah David Ospina dan Wojciech Szczesny.

Sejauh ini, manajer Meriam London, Arsene Wenger lebih banyak memberikan kesempatan bermain kepada Szczesny di bawah mistar gawang Arsenal pada pentas Liga Premier Inggris.

Namun nyatanya, Ospina lebih hebat ketimbang Szczesny. Tidak percaya? Lihat data statistik yang dikutip dari WhoScored di halaman selanjutnya!
1. David Ospina

Ospina menjadi warga kebanggaan Emirates Stadium sejak awal musim ini. Namun, kiper Timnas Kolombia itu jarang diberi kesempatan tampil di bawah gawang Arsenal oleh sang manajer.

Kiper berusia 26 tahun tersebut baru tampil sebanyak enam kali dengan durasi 630 menit di Liga Premier Inggris. Jika dirata-rata, Ospina melakukan penyelamatan sebanyak 3,3 kali per pertandingan.

Mantan penjaga gawang OGC Nice tersebut juga sangat handal menghentikan umpan-umpan silang lawan. Total, dia menggagalkan umpan silang lawan sebanyak 3,3 kali per laga.

Tinjuan Ospina juga sangat akurat, setidaknya dia melakukan penyelamatan dengan cara meninju bola sebanyak 0,9 kali setiap laganya bersama Meriam London. Dia tidak pernah melakukan blunder yang bisa membahayakan gawangnya.

Dari enam kali penampilannya bersama Meriam London, Ospina mencatatkan 3 clean sheets. Andai dipersentase, maka penyelamatan sukses Ospina di bawah mistar gawang Meriam London sebesar 87 persen.
2. Wojciech Szczesny

Wojciech Szczesny adalah kiper andalan Wenger dalam lima musim terakhir. Pada musim ini, dia sudah memperkuat Arsenal di 17 pertandingan dengan durasi 1499 menit di Liga Premier Inggris.

Penjaga gawang berusia 24 tahun tersebut melakukan penyelamatan gemilang untuk Arsenal sebanyak 2,6 kali per laga. Szczesny tidak cekatan dalam menghalau umpan-umpan silang. Setiap laga, dia hanya menghentikan umpan-umpan silang lawan sebanyak 1,4 kali.

Catatan Szczesny juga kalah dengan Ospina dalam hal melakukan penyelamatan dengan cara meninju bola. Kiper asal Polandia itu hanya meninju bola sebanyak 0,1 kali per partai.

Dari keseluruhan penampilannya di Liga Premier Inggris, kiper berpostur 195 cm tersebut melakukan tiga kesalahan fatal yang berujung gol ke gawangnya sendiri.

Sama halnya dengan Ospina, Szczesny juga sudah mencatatkan tiga clean sheets. Andai dipersentase, maka penyelamatan sukses Szczesny di bawah mistar gawang Meriam London sebesar 70,3 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here