5 Cara Mencegah dan Meredakan Gangguan Mata Iritasi

Iritasi yang terjadi pada mata Anda bisa disebabkan karena lingkungan kurang bersih, kebiasaan membaca buku dan menatap layar berlebihan, serta aktivitas atau paparan lingkungan. Mata iritasi ini bisa terjadi pada semua usia, bukan hanya lansia saja tapi juga anak-anak sekalipun. Anda perlu mengetahui pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk menghindari dampak yang lebih buruk. 

5 Cara Mencegah dan Meredakan Gangguan Mata Iritasi

Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah cara mencegah dan meredakan gangguan iritasi pada mata:

1. Hindari Terlalu Lama di Depan Komputer atau Gadget

Salah satu penyebab iritasi pada mata yaitu karena terlalu lama berada di depan layar komputer. Oleh sebab itu, usahakan menghindari terlalu lama di depan komputer atau gadget. Alihkan pandangan setiap 20 menit sekali selama 20 detik. Kemudian Anda bisa memandang jauh 20 kaki atau kurang lebih 6-7 meter. 

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi yang merangsang produksi mata, mencegah proses peradangan, dan menjaga stabilitas air mata. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan tuna, sarden, kerang, salmon, udang, dan lain-lain.

3. Perbanyak Konsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang mencegah perburukan macular degeneration. Oleh sebab itu, Anda bisa mencegah iritasi dengan vitamin E seperti kacang almond. Kacang almond merupakan kacang-kacangan dengan kandungan vitamin E yang tinggi.

4. Gunakan Tetes Mata

Memberikan perlakukan khusus bisa menghindari dampak masalah mata yang berkepanjangan. Pastikan Anda menjaga kondisi dan kebersihan lingkungan karena iritasi juga disebabkan oleh lingkungan. Anda bisa memakai tetes mata untuk meredakan gangguan iritasi tersebut. Pastikan kandungan zat kimianya ringan agar aman untuk semua orang.

5. Rutin ke Dokter

Tips terakhir tentu saja Anda harus rutin berkunjung ke dokter. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Termasuk ketika Anda memakai tetes mata untuk menyembuhkan iritasi. 

Sudah tahu apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencegah dan meredakan gangguan mata iritasi? Jika mencari tetes mata, maka Anda bisa memilih Insto. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang memilih tetes mata satu ini.