Biaya Bangun Rumah yang Harus Disiapkan

Membuat sebuah rumah tidak bisa begitu saja dilakukan. Perlu banyak persiapan matang sebelum proses pembuatan. Salah satu persiapan yang paling vital tentu saja biaya bangun rumah yang harus Anda buat dan susun terlebih dahulu. Ada banyak sekali pos biaya yang harus Anda mulai perhitungkan dan susun sebelum membuatnya.

Nah, bagi Anda yang belum paham apa saja biaya yang harus disiapkan, berikut akan kami jelaskan informasinya kepada Anda. Tujuannya agar Anda tahu biaya apa saja yang harus disiapkan untuk nantinya dihitung.

biaya bangun rumah
biaya bangun rumah

source: https://mds-lokonusa.co.id/wp-content/uploads/2018/04/kontraktor-bangunan-rumah-790×400.jpg

1.  Biaya Material Bangunan

Ada banyak bahan material untuk membangun sebuah rumah. Mulai dari pasir, semen, batu bata, batu split, kayu, kaca, hingga ke material-material kecil seperti paku. Silahkan Anda catat apa saja material yang dibutuhkan dalam pembuatan rumah.

Setelah itu, survey harganya. Selain itu, ada banyak kualitas material yang tersedia. Masing-masing kualitas juga ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda.

2.  Biaya Bangun Rumah Per Meter Persegi

Penghitungan biaya membangun rumah per meter persegi penting untuk dilakukan. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan estimasi biaya keseluruhan dalam pembuatan rumah. Biaya ini, dihitung dari setiap 1 meter persegi.

Misal, biaya membangun rumah 1 meter persegi adalah Rp10.000.000, maka hitung berapa meter persegi luas lahan yang akan dibangun, kemudian jumlahkan.

3.  Biaya Vendor

Vendor adalah pihak yang nantinya akan mengeksekusi rencana pembuatan rumah milik Anda. Silahkan Anda hitung estimasi biaya vendor. Terkait hal ini, Anda bisa langsung bertanya kepada pihak yang bersangkutan. Silahkan bicarakan tipe rumah, dan berapa lama waktu yang diperlukan.

Pilih vendor yang berpengalaman. Anda juga bisa menegosiasikan harga. Selain itu, pilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

4.  Biaya Tak Terduga

Dalam pembuatan rumah, terkadang selalu ada biaya tak terduga. Biaya inilah yang sering membuat pengeluaran membengkak. Hal ini terjadi karena kesalahan perhitungan, atau ada perubahan jenis kualitas material yang digunakan. Karena, berbeda kualitas, berbeda juga harganya.

Demikian penjelasan seputar beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah. Semoga membantu Anda yang saat ini berencana untuk membangun rumah