Menyandang status sebagai CMS atau Content Marketing System yang paling populer di dunia sampai saat ini, WordPress, yang juga menjadi cms pilihan www.idwebhost.com, tentu memiliki ribuan plugin yang bisa digunakan oleh siapapun baik secara gratis maupun berbayar yang bisa digunakan untuk mengoptimalisasi WordPress anda. Optimalisasi pada bagian apa saja? Bisa pada bagian keamanan,dan lainnya.

Salah satu yang cukup menjadi favorit adalah meningkatkan kecepatan akses website WordPress dari sisi pengunjung. Meski banyak yang mengatakan, beberapa plugin tidak memberikan efek yang besar, justru membuat website semakin lambat. Tapi ini tidak terjadi ketika Anda menggunakan 8 plugin yang mampu membuat wordpress menjadi lebih cepat ini. Namun sebelumnya anda harus memahami terlebih dahulu apa itu plugin cache.

Apa itu plugin cache?
Plugin cache adalah salah satu plugin yang wajib untuk Anda install pada WordPress, karena dengan menggunakan plugin cache maka secara drastis akan membuat situs WordPress Anda loading nya dimuat lebih cepat.

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika memiliki website yang cepat, tidak hanya ramah terhadap pengguna tapi juga akan meningkatkan peringkat situs secara drastis di mesin pencari. Dan jika Anda mencari tips mempercepat WordPress di internet, maka Anda akan menemukan banyak sekali cara untuk diterapkan dan tentu itu akan membuat pengguna WordPress pemula merasa kesulitan.

Namun sebenarnya untuk mempercepat loading di WordPress, anda bisa menggunakan plugin yang sangat simple dan mudah digunakan. Berikut ini kami akan membahas 8 Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat, apa saja ya?
Wajib Install! 8 Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat

1. W3 Total Cache
Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat yang pertama adalaah W3 Total Cache. W3 Total cache adalah salah satu plugin yang paling banyak digunakan di WordPress. Caching memang baik digunakan untuk lebih meringankan kerja suatu website dalam mengambil dan menampilkan informasi yang diperintahkan. Dengan plugin W3 Total Cache kita bisa dengan mudah mengakses suatu halaman, objek atau bahkan database.

2. WP Rocket
Kemudian ada plugin WP Rocket. WP Rocket adalah salah satu plugin cache terbaik yang wajib Anda coba, plugin ini merupakan plugin premium dan sama sekali tidak memiliki versi gratis seperti plugin caching lainnya. Plugin ini juga sangat layak menjadi plugin premium karena memang memiliki banyak sekali fitur unik dan menarik yang tidak dimiliki plugin pesaing lainnya dan dari banyaknya fitur tersebut mereka kemas dengan sangat sederhana untuk memudahkan pengguna dalam melakukan setup.
Saat ini wp rocket digunakan oleh lebih dari 270 ribu pengguna dan mereka merasa puas dengan kecepatan yang di optimalkan. Plugin ini ditawarkan dengan harga $39 untuk penggunaan 1 website dan sudah sekaligus 1 tahun update dan dukungan.

3. GT Metrix for WordPress
Selanjutnya ada plugin GT Metrix for WordPress. Seperti yang kita tahu, GT Metrix memiliki fungsi untuk memantau seberapa cepat website kita saat diakses. Dengan GT Metrix anda bisa menganalisa kinerja dari website anda. Mulai dari waktu buka, ukuran halaman sampai dengan jumlah permintaan dan link laporan lengkapnya. Dengan GT Metrix Plugin untuk WordPress, Anda juga bisa menambahkan API plugin ini di website Anda. Dan memantaunya secara harian, mingguan, ataupun bulanan. GT Metrix bisa langsung terpasang di dashboard WordPress Anda.

 

4. WP Super Cache
Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat selanjutnya adalah WP Super Cache yang merupakan plugin cache terbaik untuk WordPress dan ini adalah plugin cache gratis dengan pengaturan sangat sederhana. WP Super cache dikembangankan oleh Automattic, dimana automattic adalah perusahaan di balik WordPress yang tentu saja tidak dapat diragukan lagi.

WP Super Cache membagi konfigurasi cache menjadi dua pilihan yaitu Easy dan Advanced. Dimana untuk pemula yang tidak memiliki pengetahuan mendasar tentang cache dapat memilih pengaturan untuk “Easy” yang sangat sederhana namun juga memberikan hasil yang bagus. Dan pilihan “Advanced” ditujukan untuk pengguna yang sudah berpengalaman, Jika Anda bisa melakukan konfigurasi pada bagian Advanced ini maka Anda akan dapat menikmati fitur-fitur lebih dalam mengenai caching dan tentu pilihan advanced akan jauh lebih optimal dalam meningkatkan kecepatan WordPress.

5. Cloudflare WordPress Plugin
Selanjutnya ada Cloudflare WordPress yang merupakan plugin yang bisa membantu Anda memastikan bahwa website Anda sudah dioptimasi dengan layanan Cloudflare. Sejauh ini ia dapat memastikan bahwa IP hosting website Anda tidak berubah. Plugin ini mencakup sejumlah manfaat lain, seperti informasi SPAM dari Cloudflare, sehingga kita bisa membuat perlindungan terbaik. Cloudflare WordPress Plugin juga memastikan bahwa database server Anda bisa berjalan secara optimal dan tidak mempengaruhi kecepatan akses website Anda.

6. P3 (Plugin Performance Profile)
Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat selanjutnya adalah P3 atau Plugin Performance Profile. Jika website WordPress Anda masih saja lambat, mungkin dengan plugin ini website Anda bisa mendapatkan laporan tentang masalah yang menyerang website Anda. Plugin Performance Profile akan melihat instalasi plugin di WordPress Anda, dan mengukur setiap dampak dari plugin pada suatu waktu secara menyeluruh. Dengan laporan berupa grafik dan profile yang dapat membantu Anda melaporkan apa saja yang terjadi di plugin WordPress Anda.

7. WP fastest Cache
Selanjutnya ada WP Fastest Cache yang merupakan plugin paling populer yang hingga 2018 ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna WordPress diseluruh dunia, tapi hal yang mengesankan dari plugin ini begitu banyaknya pengguna memberikan rating bintang 5. Hal ini membuktikan bahwa plugin ini memang benar-benar baik yang akan menjadikan situs WordPress Anda cepat.

WP Fastest Cache memiliki Panel pengaturan yang mudah dan pengguna WordPress pemula kami rasa akan dapat dengan mudah menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki versi pro yang akan mengaktfikan semua fitur-fitur unggulan seperti alat pengoptimalan gambar dan sederet fitur keren lainnya.

8. WordPress Cache Enabler
Kemudian ada WordPress Cache enabler yang merupakan plugin cache yang tergolong baru, namun memiliki kinerja yang sangat baik. Tidak ada pengaturan yang rumit akan Anda temukan pada plugin ini karena memang sangat sederhana dan hanya ada satu halaman pengaturan. Plugin ini akan sangat cocok bagi pemula yang tidak begitu memahami WordPress.

Pada dasarnya plugin cache ini tidak memiliki fitur canggih seperti hal nya plugin cache lainnya, tapi untuk situs yang tidak terlalu besar dan untuk pemula, alat ini sudah sangat ampuh untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress.

Nah itu dia 8 Plugin yang mampu membuat WordPress menjadi lebih cepat. Setelah memasang plugin diatas, jangan lupa memasang hosting murah pada WordPress anda di PengamatHosting. Selamat mencoba semoga bermanfaat.