Selama ratusan tahun, bank beroperasi dengan mengandalkan jalur distribusi fisik. Bank masih mengandalkan pertumbuhan branch cabang. Ada pendapat yang mengatakan di Indonesia semakin banyak cabang bank itu maka semakin besarlah bank itu. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Namun dalam era digital seperti ini maka yang lebih utama adalah bukanlah kuantitas dari cabang bank yang menjadi fokus melainkan bagaimana kualitas dan bagaimana kinerjanya.

Digital banking Atau e Banking adalah tentang bagaimana nasabah memperoleh pengalaman yang konsisten di semua channel dan semua interaksi mereka ketika mengakses data Industri Finansial yang menitikberatkan pada Analitik dan Otomasi proses dan memerlukan perubahan di produk dan jasa, teknologi informasi dan sumber daya manusia dalam rangka mencapai nilai ekonomis yang optimal.

jenius
jenius

Di Indonesia, Digital banking Atau e Banking yang disebut juga dengan istilah Layanan Perbankan Digital diartikan sebagai layanan kegiatan perbankan melalui kantor bank btpn melalui aplikasi Jenius dengan mempergunakan sarana elektronik digital milik bank dan atau melalui media digital yang dilakukan secara mandiri oleh nasabah yang memungkinkan calon nasabah dan atau nasabah bank memperoleh informasi.

Melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan dan penutupan pada rekening.  Termasuk dalam memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain financial advisory (saran dan pendapat keuangan), investasi, transaksi e-commerce dan kebutuhan lainnya. (Ref: OJK – Otoritas Jasa Keuangan).

Berikut ini adalah contoh praktis bagaimana Digital banking Atau e Banking ketika sudah diterapkan di dalam kehidupan perbankan Indonesia, Bank Anywhere, Informasi mengenai bank btpn bisa diakses dari mana saja – tidak perlu lagi datang ke bank. Jasa layanan ke nasabah dapat dilakukan melalui Jenius.

Nasabah dan calon nasabah dapat melakukan transaksi dengan bank dimanapun dia berada dan dengan channel apapun. Solusi yang dapat digunakan untuk kebutuhan ini, Mobile Banking, Internet Banking, Video Banking Digital Branch, Proses pendaftaran nasabah yang masih membutuhkan interaksi fisik (seperti penyerahan uang dan tanda tangan) lebih dimudahkan melalui proses digital.