Salah satu trend berbusana yang paling banyak digunakan saat ini adalah penggunaan hijab sebagai penutup tubuhnya. Tentu saja ini sangat terkait dengan sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam dan menggunakan hijab merupakan sebuah tanda bahwa wanita tersebut adalah seorang muslimah. Akan tetapi walaupun menggunakan pakaian yang menutup aurat akan tetapi perempuan berhijab tetap bisa tampil modis, salah satunya dengan menggunakan kacamata wanita yang sesuai.

Bila selama ini penggunaan kacamata hanya identik dengan pengobatan dan perawatan mata, maka kacamata juga telah beralih fungsi menjadi aksesoris yang mendukung penampilan. Wanita yang berhijab misalnya, ternyata juga bisa tampil keren dan modis dengan menggunakan kacamata.

Tentu saja kacamata haruslah disesuaikan dengan kegiatan dan juga keadaan sekitar. Karena tak mugkin sekali bilang menggunakan kacamata hitam untuk bergaya dan jalan – jalan saat malam hari. Atau misalnya menggunakan kacamata besar dan lebar seperti Lady Gaga untuk berangkat ke sekolah, tentu bukan sebuah ide cemerlang.

Untuk wanita yang menggunakan hijab, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih kacamata yang sesuai. Untuk kacamata yang difungsikan sebagai alat bantu penglihatan yang digunakan sehari – hari, maka pilihlah kacamata dengan ukuran kecil agar wajah tidak terkesan tertutup kacamata. Karena dengan penggunaan hijab dan kerudung, maka secara tidak langsung daerah pipi akan sedikit tertutup dengan kain dan hanya nampak setengahnya saja. Bila kemudian menggunakan kacamata wanita yang terlalu besar, dikhawatirkan malah akan membuat wajah menjadi tenggelam.

Untuk kacamata fashion, ada baiknya jika memilih kacamata yang disesuaikan antara warna frame dengan kerudung yang sedang digunakan. Atau bila memang menginginkan tampilan yang netral, maka frame warna hitam dapat dijadikan pilihan dan solusi. Kacamata sebagai aksesoris gaya, maka pilih frame yang cenderung tebal dengan ukuran yang tentu disesuaikan dengan ukuran wajah.

Selanjutnya tentukan tempat manakah yang akan dituju dengan menggunakan kacamata wanita tersebut. Bila kemudian pergi ke pantai, maka frame dengan ukuran agak lebar tak menjadi masalah selama nyaman digunakan dan juga sesuai dengan bentuk wajah. Menggunakan hijab bukan berarti tak bisa bergaya, malah dengan hijab berarti membuka pikiran untuk bisa lebih kreatif dalam berpenampilan.